Survei LSI: KPK Paling Dipercaya Rakyat, Parpol Terendah

"Kami menemukan pola yang menarik dan konsisten terkait kepuasan terhadap (kinerja) Presiden Jokowi dengan KPK,” kata LSI.
Image title
Oleh Fahmi Ramadhan
29 Agustus 2019, 19:29
Survei LSI menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap KPK yang tertinggi. Yang terendah adalah Parpol.
Ajeng Dinar Ulfiana|KATADATA
Survei LSI menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap KPK yang tertinggi. Yang terendah adalah Parpol.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan survei mengenai kepercayaan publik terhadap lembaga negara selama pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). Hasilnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meraih kepercayaan tertinggi dari masyarakat, sedangkan partai politik (parpol) yang terendah.

Dari 1.220 responden, 84% di antaranya percaya terhadap kinerja KPK. Disusul oleh Presiden (79%), Kepolisian (72%), Pengadilan (71%), dan Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR (61%).

Parpol memperoleh tingkat kepercayaan terendah, yakni 53%. “Dalam empat tahun terakhir, KPK menjadi lembaga yang paling dipercaya publik,” kata Peneliti Senior LSI Burhanuddin Muhtadi dalam acara bertajuk "Efek Kinerja Pemberantasan Korupsi Terhadap Dukungan Pada Jokowi" di Jakarta, Kamis, (29/8).

(Baca: LSI Denny JA: Jokowi Berpotensi Menang Telak dari Prabowo)

Dalam survei itu, LSI menyisipkan pertanyaan bertuliskan, “seberapa percayakah Ibu/Bapak dengan lembaga di bawah ini?” Lalu, disertai dengan daftar institusi dan lima variabel kepercayaan, yakni sangat, cukup, sedikit, dan tidak percaya.

Hasilnya, 20% responden memilih variabel sangat percaya terhadap kinerja Presiden Jokowi. Jumlah itu lebih tinggi ketimbang diperoleh Kepolisian.

“Kami menemukan pola yang menarik dan konsisten terkait dengan korelasi yang sangat kuat antara kepuasan terhadap Presiden Jokowi dengan KPK,” kata dia.

Bahkan, menurut Burhanuddin, masyarakat yang percaya kepada KPK memilih Jokowi saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu. Sebab, masyarakat puas terhadap penanganan korupsi di era pemerintahan ini.

“Jika mereka tidak puas terhadap Jokowi, cenderung tak puas terhadap KPK. Sebab, cenderung menganggap pemerintah kurang serius dalam memberantas korupsi,” kata Burhanuddin.

(Baca: Survei SMRC: Mayoritas Masyarakat Percaya Pemilu 2019 Berjalan Adil)

Berdasarkan survei ini, menurut dia, keputusan Jokowi dalam menentukan pimpinan KPK berikutnya akan berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat. “Misalnya, Jokowi memenuhi ekspektasi publik dan kemudian mengirim nama-nama pimpinan KPK yang sesuai dengan harapan masyarakat secara keseluruhan, maka implikasi berikutnya approval rating-nya akan tetap tinggi,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kepolisian, DPR, dan Parpol meningkat selama 2016 hingga 2018. Namun, cenderung stagnan pada tahun ini.

Adapun responden yang disurvei berusia 17 tahun, dengan metode multistage random sampling. Tingkat kesalahan (margin of error) survey ini 2,9%. Sedangkan tingkat kepercayaannya 95%.

(Baca: Indopolling: Hanya Kejadian Luar Biasa Buat Jokowi Tak Menang Pilpres)

Reporter: Fahmi Ramadhan

Video Pilihan

Artikel Terkait