900 Orang di Batam Kehilangan Pekerjaan Sejak Awal Tahun

Desy Setyowati
26 Agustus 2019, 13:07
900 orang di Batam kehilangan pekerjaan
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi tenaga kerja. Dinas Tenaga Kerja di Batam, Kepulauan Riau, mencatat setidaknya 900 orang kehilangan pekerjaan sepanjang enam bulan pertama tahun ini.

Dinas Tenaga Kerja di Batam, Kepulauan Riau, mencatat setidaknya 900 orang kehilangan pekerjaan sepanjang enam bulan pertama tahun ini. Hal itu terjadi karena 27 perusahaan yang beroperasi di kota itu tutup.

"Total dari awal tahun sampai Juni 2019 ada 27 perusahaan tutup, sekitar 900 orang kehilangan pekerjaan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam Rudi Sakyakirti usai pembukaan program magang di Jepang, Senin (26/8).

Data itu, menurut dia, belum mencakup dampak rencana penutupan PT Foster Elektronik Indonesia dan PT Unisem. Dua perusahaan dengan jumlah pekerja 1.000 orang lebih itu dikabarkan akan tutup tahun ini dan tahun depan. "Foster belum termasuk, karena laporannya belum disampaikan ke kami," kata dia.

(Baca: Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK)

Kendati demikian, menurut Rudi, jumlah pemutusan hubungan kerja akibat penutupan perusahaan tahun ini kemungkinan lebih sedikit dibanding 2018. Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja, ada 60 perusahaan yang tutup dan mengakibatkan ribuan orang kehilangan pekerjaan pada tahun lalu.

Meski begitu, ia mencatat ada banyak perusahaan baru yang menanamkan modalnya dan mengembangkan usaha di Batam tahun ini. Salah satunya adalah PT Pegatron di Kawasan Industri Batamindo. "Perusahaan yang tutup banyak, tetapi yang buka juga banyak," katanya.

PT Pegatron sudah melapor ke Dinas Tenaga Kerja bahwa akan menerima 300 tenaga kerja baru, sembari menunggu datangnya peralatan. Hingga akhir tahun ini, perusahaan membutuhkan 800 orang tenaga kerja lagi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...