Kursi Wagub Sulawesi Tengah Tiga Tahun Kosong, Jokowi Lantik Rusli

Michael Reily
26 Agustus 2019, 10:06
Jokowi melantik wakil gubernur sulawesi tengah yang tiga tahun kosong
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sisa masa jabatan 2016-2021 Rusli Baco Dg Palabbi (kiri) usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019). Rusli dilantik untuk menggantikan Wakil Gubernur Sudarto yang meninggal pada Oktober 2016.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Rusli Baco Dg Palabbi sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah, untuk sisa masa jabatan 2016-2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8). Rusli menggantikan H Soedarto, yang wafat tiga tahun lalu.

Rusli menjadi wakil dari Gubernur Sulawesi Tengah Longki Janggola. Pengangkatan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 66/P/2019. Status Wakil Gubernur Sulawesi Tengah bagi Rusli terhitung sejak pelantikan.

Advertisement

Setelah pelantikan, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin Jokowi. "Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” kata Rusli di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8).

(Baca: Jokowi Lantik Arinal-Chusnunia jadi Gubernur dan Wagub Lampung)

Acara berakhir dengan penandatanganan berita acara. Setelahnya, Jokowi dan para pejabat negara yang hadir memberikan ucapan selamat atas pengangkatan Rusli.

Pejabat yang hadir dalam acara itu di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Selain itu, ada elite partai politik  seperti Sekjen PAN Eddy Soeparno, Politikus PAN Sarifuddin Suding, serta Ketum PBB Yusri Ihza Mahendra.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement