Kursi Wagub Sulawesi Tengah Tiga Tahun Kosong, Jokowi Lantik Rusli

Rusli menggantikan H Soedarto, yang wafat tiga tahun lalu.
Michael Reily
26 Agustus 2019, 10:06
Jokowi melantik wakil gubernur sulawesi tengah yang tiga tahun kosong
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sisa masa jabatan 2016-2021 Rusli Baco Dg Palabbi (kiri) usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019). Rusli dilantik untuk menggantikan Wakil Gubernur Sudarto yang meninggal pada Oktober 2016.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Rusli Baco Dg Palabbi sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah, untuk sisa masa jabatan 2016-2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8). Rusli menggantikan H Soedarto, yang wafat tiga tahun lalu.

Rusli menjadi wakil dari Gubernur Sulawesi Tengah Longki Janggola. Pengangkatan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 66/P/2019. Status Wakil Gubernur Sulawesi Tengah bagi Rusli terhitung sejak pelantikan.

Setelah pelantikan, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin Jokowi. "Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” kata Rusli di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8).

(Baca: Jokowi Lantik Arinal-Chusnunia jadi Gubernur dan Wagub Lampung)

Advertisement

Acara berakhir dengan penandatanganan berita acara. Setelahnya, Jokowi dan para pejabat negara yang hadir memberikan ucapan selamat atas pengangkatan Rusli.

Pejabat yang hadir dalam acara itu di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Selain itu, ada elite partai politik  seperti Sekjen PAN Eddy Soeparno, Politikus PAN Sarifuddin Suding, serta Ketum PBB Yusri Ihza Mahendra.

Sebelum terpilih, Rusli merupakan anggota DPRD Sulawesi Tengah sekaligus kader PAN. Rusli meraih 35 suara dari 44 anggota DPRD Sulawesi Tengah yang mengikuti rapat paripurna pemilihan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah. Dia mengalahkan calon lain, Andi Mansyur Pasande dari Partai Bulan Bintang Sulteng yang hanya memperoleh 8 suara.

(Baca: Jokowi Lantik Abdul Gani Kasuba sebagai Gubernur Maluku Utara )

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ekonomi Sulawesi Tengah tumbuh 6,62% secara tahunan (year on year/yoy) pada Semester I 2019. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp 41,7 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp27,8 triliun .

Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan, dan Jaminan Sosial sebesar 19,1%. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dari komponen impor 53,6%. 

(Baca: Jokowi Lantik Abdul Gani Kasuba sebagai Gubernur Maluku Utara )

Reporter: Michael Reily
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait