Efek Komentar Trump dan The Fed, Harga Emas Antam Naik dan Cetak Rekor

Desy Setyowati
26 Agustus 2019, 08:46
harga emas rekor lagi
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Harga emas Antam naik Rp 9.000 per gram pada pembukaan perdagangan hari ini.

Harga emas Antam (PT Aneka Tambang Tbk) naik Rp 9.000 menjadi Rp 774 ribu per gram pada hari ini (26/8). Kenaikan ini menyusul peningkatan harga emas di pasar global yang naik 2% pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu (23/8).

Kenaikan ini didorong oleh komentar terakhir Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell. “Powell mengindikasikan bahwa Fed akan melakukan apa yang diperlukan untuk menjaga ekonomi tetap bergulir. Hal ini menambah momentum baru pada harga emas," kata Analis Senior di Kitco Metals, Jim Wyckoffk dikutip dari Economic Times, kemarin (25/8).

Analis SP Angel, Sergey Raevskiy mengatakan, Trump memerintahkan perusahaan asal AS untuk menutup usaha di Tiongkok. Pernyataan ini dinilai menggiring investor untuk menginvestasikan dananya di instrumen investasi yang aman (safe haven) seperti emas.

Kedua negara juga saling menaikkan tarif bea masuk. “Ini berarti tidak ada resolusi, eskalasi terus berlanjut. Investor menjual (instrument investasi yang sangat mempunyai) risiko dan membeli emas,” kata dia dikutip dari Reuters.

(Baca: Harga Emas Dunia Kembali Turun, Begini Nasib Logam Mulia Antam)

Selain itu, pernyataan Jerome Powell mengindikasikan bahwa kebijakan Federal Reserve akan condong ke arah dovish. Setidaknya ada dua kebijakan yang mungkin ditempuh the Fed, yakni quantitative easing atau menurunkan suku bunga acuan.

“Fakta bahwa dia (Powell) mengatakan bahwa mereka (The Fed) akan ‘bertindak tepat’ ini mempertahankan bullish untuk emas,” kata Ahli strategi pasar senior di RJO Futures Bob Haberkorn.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas berjangka di bursa comex menguat 1,11% menjadi US$ 1.537 menjadi US$ 1.554 per ons pada perdagangan 25 Agustus, pukul 08.38 PM EDT. Begitu juga dengan harga emas di pasar spot, meningkat 1,21% menjadi US$ 1.545 per ons.

Sejak awal tahun ini, harga emas di pasar spot naik 20,64%. Harga logam mulia ini pun tercatat meningkat selama empat minggu berturut-turut.

(Baca: Pasar Keuangan Dilanda Ketidakpastian, BI Menilai Investasi Emas Aman)

Di dalam negeri, berdasarkan situs logammulia.com, harga emas Antam naik Rp 9.000 menjadi Rp 774 ribu per gram pada perdagangan hari ini. Harga emas penjualan kembali (buyback) juga naik Rp 8.000 menjadi Rp 700 ribu per gram.

Daftar Harga Emas Antam Hari Ini, 26 Agustus 2019*

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...