Tampung 20 Ribu Penonton, Stadion Manahan Solo Rampung Bulan Depan

Image title
25 Agustus 2019, 18:02
Pembangunan Stadion Manahan sudah mencapai 96%. Kementerian PUPR sarana olahraga ini selesai dibangun bulan depan.
Kementerian PUPR
Pembangunan Stadion Manahan sudah mencapai 96%. Kementerian PUPR sarana olahraga ini selesai dibangun bulan depan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Stadion Manahan di Solo, Jawa Tengah rampung pada September. Sarana olahraga itu dirancang untuk menampung 20 ribu penonton dengan kursi tunggal.

Saat ini, pembangunan sudah mencapai 96%. Stadion tersebut dibangun sejak Agustus 2018. “Kami target rampung sesuai jadwal, yakni bulan depan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam siaran pers, Minggu (25/8).

Advertisement

Stadion ini dapat digunakan untuk penyelenggaran acara olahraga nasional maupun internasional. Pembangunan sarana ini memakan biaya Rp 301,33 miliar. Konstruksinya dikerjakan oleh kontraktor PT Adhi Karya dan PT Penta Rekayasa, melalui skema kerja sama operasi (KSO).

(Baca: Bangun 2 Pasar dan 1 Stadion, Pemerintah Anggarkan Rp 739 Miliar)

Basuki mengatakan, Stadion Manahan memiliki ciri khas dan keunggulan. Salah satunya, tribun penonton akan dihiasi motif Batik Kawung. "Selain itu, didukung pengatusan (drainase) yang baik," katanya.

Keunggulan lainnya, menggunakan rumput Zoysia Japonita. Rumput ini memiliki jenis yang sama dengan yang ada di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Basuki mengklaim, kualitas rumput ini baik.

Stadion ini juga memiliki atap yang mengelilingi bangunan atas, sehingga penonton terlindung dari hujan maupun cuaca panas. Untuk pencahayaan akan menggunakan kualitas penerangan hingga 1.500 lux.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement