LSM dan Perguruan Tinggi Desak Jokowi Evaluasi Pansel Pimpinan KPK

Image title
25 Agustus 2019, 17:37
lsm dan perguruan tinggi minta jokowi evaluasi pansel pimpinan kpk
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Ketua Pansel KPK Yenti Ganarsih (tengah) memberikan keterangan terkait hasil profile assessment calon pimpinan KPK periode 2019-2023 dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (23/8/2019). LSM dan perguruan tinggi bakal mengirim surat ke Presiden Jokowi untuk mengevaluasi kinerja Pansel Calon Pimpinan KPK.

Beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan perguruan tinggi berencana mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk evaluasi Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK). Surat itu memuat tiga hal.

Ketua Umum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati mengatakan bahwa surat akan dikirim dalam waktu dekat ini. Surat akan dikirim atas nama Koalisi Kawal Calon Pimpinan KPK.

Hal pertama yang disampaikan adalah mereka ingin Jokowi mengevaluasi Pansel Calon Pimpinan KPK 2019-2023. Indikasi konflik kepentingan juga diminta untuk dievaluasi. "Presiden harus menelusuri seluruh anggota pansel,” katanya di Jakarta, Minggu (25/8).

Kedua, mereka menuntut anggota pansel meninjau tentang adanya indikasi konflik kepentingan di internal. Selain itu, Koalisi berharap pansel menerapkan peraturan perundang-undangan terkait kinerjanya.

(Baca: LSM dan Perguruan Tinggi Kritik Proses Seleksi Pimpinan KPK)

Ketiga, Koalisi juga meminta agar pansel calon pimpinan KPK lebih peka dan responsif terhadap masukan masyarakat. Mereka berharap pansel mencoret nama-nama yang tidak melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...