Jokowi Perintahkan Polisi Tindak Tegas Diskriminasi Papua

Michael Reily
22 Agustus 2019, 19:31
Jokowi polisi papua
(Katadata/Donang Wahyu)
Presiden Jokowi saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5). Jokowi memerintahkan Kepolisian Republik Indonesia untuk menindak tegas secara hukum pelaku diskriminasi ras dan etnis terkait Papua.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kepolisian Republik Indonesia untuk menindak tegas secara hukum pelaku diskriminasi ras dan etnis terkait Papua. Dia juga berencana mengundang tokoh Papua ke Jakarta pekan depan.

Jokowi mengaku terus mengikuti perkembangan kerusuhan di Papua. "Saya telah memerintahkan Kapolri (Tito Karnavian) untuk menindak secara hukum tindakan diskriminasi ras dan etnis yang rasis, secara tegas," katanya dalam keterangan Sekretariat Kabinet, Kamis (22/8).

Sejauh ini, situasi di Tanah Papua sudah normal. Informasi itu ia peroleh dari laporan dari Kapolri, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto yang sedang berada di Papua.

Karena itu, tingkat pengamanan di Papua pun sudah diturunkan. “Saya terus mengikuti perkembangan yang ada di Tanah Papua dan situasi sudah berjalan normal kembali,” katanya.

(Baca: Kominfo Blokir Akses Internet di Papua dan Papua Barat)

Dia mengakui sempat ada kebijakan untuk memblokir akses internet di Papua. “Itu semuanya untuk kepentingan, kebaikan kita bersama," kata Jokowi.

Ia juga berencana mengundang para tokoh adat, masyarakat, dan agama di Papua dan Papua Barat untuk datang ke Istana. Pertemuan itu akan membahas tentang percepatan kesejahteraan di wilayah tersebut.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...