Arcandra Minta Pertamina Tetap Adopsi Teknologi EOR di Blok Rokan

Image title
20 Agustus 2019, 21:32
ESDM Pertamina Blok Rokan Eor
Arief Kamaludin|Katadata
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan bahwa Pertamina akan melanjutkan adopsi teknologi EOR di Blok Rokan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan, Pertamina akan tetap melanjutkan penerapan teknologi tingkat lanjut, Enhanced Oil Recovery (EOR) di Blok Rokan. Sebab, hal ini sudah menjadi komitmen Pertamina.

Saat ini, diskusi terkait penerapan EOR di Blok Rokan oleh Pertamina masih berlangsung. Namun, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyampaikan bahwa semestinya Pertamina tetap mengadopsi teknologi itu.

Akan tetapi, ia enggan menjelaskan detail terkait teknologi itu maupun waktu penerapannya. "Akan dilanjutkan oleh Pertamina. Itu termasuk komitmen kerja pasti," kata dia di kantornya, Jakarta Selasa (20/8) malam.

Di sisi lain, ia menegaskan bahwa pengelolaan Blok Rokan sebelum 2021, menggunakan skema cost recovery. "Kalau dilihat dari secara aturannya, itu kan cost recovery. Maka itu milik negara," kata Arcandra.

(Baca: Kementerian ESDM Menilai Transisi Produksi Blok Rokan Berjalan Lambat)

Sebelumnya, Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Djoko Siswanto menilai bahwa pengambilan keputusan terkait penerapan teknologi EOR di Blok Rokan oleh Pertamina berjalan lambat. Di samping itu, ia heran pembahasan alih kelola Pertamina dengan Chevron hingga kini belum juga rampung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...