Jokowi Ungkapkan Pentingnya Kualitas SDM di Hadapan Anggota Dewan

Michael Reily
16 Agustus 2019, 12:16
Jokowi, Sidang Tahunan MPR, SDM
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo memberi hormat sebelum menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sangat dibutuhkan. Dalam Pidato Kenegaraan itu, ia menyampaikan bahwa Indonesia bisa memaksimalkan bonus demografi jika meningkatkan keterampilan masyarakatnya.

Dia mengungkapkan lembaga pendidikan dan pelatihan harus melakukan pembenahan untuk menghadapi perubahan dunia. "Persaingan dunia yang semakin ketat dan disrupsi di berbagai bidang, butuh kualitas SDM yang tepat," katanya saat menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangkaian Sidang Tahunan MPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8).

Setidaknya, Indonesia butuh SDM yang punya kualitas dan karakter kuat, serta keterampilan dan ilmu pengetahuan yang sesuai kebutuhan dewasa ini. Jokowi menilai, pendidikan adalah kunci pengembangan SDM yang berkualitas tinggi.

Dia mengungkapkan, keluarga dan lembaga pendidikan punya peran sentral dalam mengembangkan kualitas SDM sedini mungkin. Kebiasaan mandiri dan juga kepedulian ada pada pendidikan dasar. Sedangkan pemikiran kritis dipelajari saat pendidikan menengah.

(Baca: Rencana Jokowi Merekrut Rektor Asing Dimulai dari Perguruan Swasta)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...