Di Sidang Tahunan MPR, Jokowi: Lembaga Negara Tak Boleh Alergi Kritik

Michael Reily
16 Agustus 2019, 09:32
Jokowi sidang tahunan mpr
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Presiden Jokowi dan Ketua DPR Bambang Soesatyo berjalan bersama dalam sidang tahunan MPR RI sidang beraama DPR RI - DPD RI dalam sidang DPR RAPBN 2020 di gedung Nusantara 2, DPR, Jakarta Pusat (16/8). Jokowi mengingatkan bahwa lembaga negara tidak boleh alergi kritik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan lembaga negara tidak boleh alergi terhadap kritik. Dia menyampaikan dalam pembukaan Sidang Tahunan MPR 2019 di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8).

Jokowi menyatakan lembaga negara tidak boleh cepat berpuas diri. Karena itu, setiap aspek pemerintahan harus saling mengingatkan dan membantu untuk mencapai kemajuan Indonesia.

Advertisement

Apalagi, Indonesia adalah negara demokrasi. "Kita (lembaga negara) tidak boleh alergi terhadap kritik. Bagaimanapun kerasnya kritik itu, harus diterima sebagai wujud kepedulian, agar kita bekerja lebih keras lagi memenuhi harapan rakyat," kata Jokowi di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Jumat (16/8).

Lembaga negara yang dimaksud meliputi Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Juga termasuk Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), dan Komisi Yudisial.

(Baca: Pasar Tunggu Jokowi Pidato Nota Keuangan dan APBN 2020, Rupiah Menguat)

Dalam pidatonya itu, Jokowi juga mengajak semua lembaga negara untuk membangun sinergi yang kuat. Sebab, dia ingin semua aspek mndukung lompatan kemajuan dalam pengentasan kemiskinan, penekanan ketimpangan, serta pembukaan lapangan kerja di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement