Bali Diguncang Dua Kali Gempa, Tak Ada Kerusakan

Desy Setyowati
12 Agustus 2019, 10:08
Gempa jembrana
Twitter/@infoBMKG
Gempa bumi dengan magnitudo 4,9 dan 4,4 mengguncang Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, pada pukul 06.51 Wita dan 06.55 Wita.

Gempa bumi dengan magnitudo 4,9 mengguncang Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, pada pukul 06.51 Wita, hari ini (12/8). Tak lama berselang, terjadi lindu susulan bermagnitudo 4,4. 

Berdasarkan laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa Jembrana yang pertama terjadi di 8,87 lintang selatan-114,47 bujur timur dengan kedalaman 82 kilometer. Pusat gempa bumi berada di laut 59 kilometer barat daya Jembrana.

Namun, getarannya dirasakan sampai Kuta dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI), II-III MMI di Banyuwangi (Jawa Timur), II-III MMI di Jembrana, II MMI di Jimbaran, II MMI di Nusa Dua, dan II MMI di Denpasar.

(Baca: Gempa Bumi Magnitudo 5,3 Guncang Laut Sulawesi Utara)

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan sesimometer di tempat kejadian, seperti dikutip dari laman BMKG. Dalam skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Skala IV, gempa dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah serta ditandai antara lain jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi. Pada skala V, getaran dirasakan hampir semua orang ditandai dengan barang terpelanting, tiang dan barang besar bergoyang. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...