Dilarang di Beberapa Daerah, Produksi Kantong Plastik Turun 20%

Rizky Alika
8 Agustus 2019, 19:01
produksi kantong plastik turun
Katadata
Produksi kantong plastik pada Kuartal I 2019 menurun 20% dibanding periode sama tahun lalu.

Ketua Bidang Olefin Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas) Edi Rifai mengatakan, produksi kantong plastik pada Kuartal I 2019 menurun 20% dibanding periode sama tahun lalu (year on year/yoy). Penurunan itu terjadi setelah beberapa daerah melarang penggunaan plastik.

"Dari (informasi) kawan industri kantong plastik, terlihat ada penurunan produksi 20% karena pelarangan yang ada," kata Edi di Jakarta, Kamis (8/8).

Advertisement

Meski begitu, ia tidak merinci total produksi kantong plastik sepanjang Kuartal I lalu. Ia hanya menjelaskan bahwa kebutuhan kantong plastik selama setahun mencapai 150 ribu ton. Sedangkan proporsi kantong plastik hanya 10% dari seluruh produksi plastik.

Edi mengatakan, permintaan kantong plastik menurun karena adanya larangan pemakaian. Karena itu, produksinya diturunkan. Ia khawatir harga plastik akan melonjak akibat pasokan yang terbatas.

(Baca: Tak Kurangi Konsumsi, Jakarta Produksi 250 Ton Sampah Plastik Sehari)

Larangan penggunaan plastik, menurutnya juga akan berdampak pada pekerja. Padahal, Upah Minimum Regional (UMR) pegawai di industri kantong plastik di Jawa Tengah dan Jawa Timur tergolong rendah.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement