Jokowi Bersama Koalisi Akan Bahas Potensi Gerindra Dapat Kursi Menteri

Desy Setyowati
8 Agustus 2019, 17:11
Jokowi partai gerindra
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.
Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo memberikan keterangan usai pertemuan dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) di Jakarta, Jumat (26/7/2019). Jokowi mengatakan, kehadiran Prabowo Subianto dalam Kongres V PDIP belum dapat diartikan sebagai kepastian bergabungnya Partai Gerindra dalam koalisi pemerintahannya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kehadiran Prabowo Subianto dalam Kongres V PDI Perjuangan belum dapat diartikan sebagai kepastian bergabungnya Partai Gerindra dalam koalisi pemerintahannya. Ia masih harus berdiskusi dengan koalisi terkait hal itu.

"Belum. Kami ini belum bertemu dengan ketua-ketua partai koalisi. Kalau bertemu, kami akan berbicara nanti mengenai tambahan koalisi misalnya, yang berkaitan dengan menteri," kata Jokowi, seusai menghadiri Kongres V PDIP di Bali, Kamis (8/8).

Advertisement

Jokowi mengatakan dalam dunia politik apa pun bisa terjadi, termasuk koalisi dengan Partai Gerindra. Namun, dia menekankan bahwa segalanya masih harus dibicarakan dengan partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja.

(Baca: Prabowo Akan Hadir di Kongres PDIP, Gerindra: Bukan Petanda Koalisi)

Sinyal atas bergabung Gerindra ke dalam koalisi Jokowi menguat seiring langkah Megawati Soekarnoputri mengundang secara khusus Prabowo ke Kongres V PDI Perjuangan. Ketua Umum Partai Gerindra itu pun hadir dalam acara pembukaan Kongres PDIP.

Bahkan, Prabowo diberikan kursi yang berbeda dengan ketua umum partai koalisi. Ia duduk dalam jajaran tamu VVIP bersama dengan Wapres Jusuf Kalla, Presiden Jokowi, Megawati Soekarnoputri, Wapres terpilih Ma'ruf Amin.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement