Indonesia Berpotensi Ekspor 1 Juta Ton CPO ke Timur Tengah dan Afrika

Rizky Alika
9 Juli 2019, 20:45
kelapa sawit, ekspor CPO ke Timur Tengah dan Afrika
CPO KATADATA|Agung Samosir
Ilustrasi. Indonesia berpotensi mengekspor lebih dari 1 juta ton CPO ke Afrika dan Timur Tengah.

Gabungan pengusaha kelapa sawit Indonesia (Gapki) menilai Timur Tengah dan Afrika dapat menjadi pasar nontradisional untuk ekspor minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO). Bahkan, Indonesia berpotensi mengekspor lebih dari 1 juta  ton CPO ke dua kawasan itu.

Direktur Eksekutif Gapki Mukti Sardjono berharap, pemerintah meningkatkan kerja sama bilateral dengan Timur Tengah guna mendorong ekspor CPO. "Potensinya lebih dari satu juta ton (ekspor CPO) untuk dua wilayah ini," kata dia di kantornya, Jakarta, Selasa (9/7).

Advertisement

Untuk ekspor CPO ke Afrika, dia mencatat ada kendala dalam hal tangki timbun. Padahal, infrastruktur ini dibutuhkan supaya bisa mengekspor lebih banyak CPO ke wilayah tersebut.

(Baca: Gapki Berharap India Segera Turunkan Bea Masuk Minyak Kelapa Sawit )

Karena itu, menurut dia, Indonesia bisa mengekspor produk turunan CPO ke kawasan tersebut, seperti minyak goreng kemasan berukuran empat dan 20 liter. Selain tak memerlukan tangki timbun, harga produk turunan CPO lebih mahal. Dengan begitu, ekspor ke Afrika secara nilai akan lebih besar.

Selain mencari pasar baru, ia berharap pemerintah menerapkan mandatori biodiesel 30% alias B30. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi CPO. “Kalau mandatori B30 ini bisa segera diterapkan, potensinya luar biasa," kata dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement