Bekraf Fasilitasi Pengembangan Empat Daerah Kreatif

Michael Reily
24 Juni 2019, 17:52
Ilustrasi. Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari (keempat dari kiri) menyampaikan, keempat daerah yang terpilih punya potensi besar dalam mendorong industri ekonomi kreatif.
Bekraf
Ilustrasi. Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari (keempat dari kiri) menyampaikan, keempat daerah yang terpilih punya potensi besar dalam mendorong industri ekonomi kreatif.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar program penilaian mandiri kabupaten/kota kreatif di Indonesia. Bekraf pun memilih empat dari 10 daerah yang akan dikembangkan bisnis ekonomi kreatifnya.

Keempat daerah kreatif tersebut adalah Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Palembang, dan Kota Malang. Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari menyampaikan, keempat daerah punya potensi besar dalam mendorong industri ekonomi kreatif.

Penilaian itu ditinjau dari beberapa faktor. "Empat daerah ini paling lengkap perencanaan strategisnya. Mereka punya peta jalan, kolaborasi ABCG yakni Academic, Business, Community, Government, paling maju," kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (24/6).

(Baca: 10 Daerah Kreatif Versi Bekraf, Tak Hanya Bali dan Jawa)

Karena itu, keempat daerah ini dipilih Bekraf untuk diberi pendampingan dalam mengembangkan industri ekonomi kreatif. Fasilitas dari Bekraf ini bakal berjalan selama enam bulan. Nantinya, penilaian terhadap komitmen keempat Pemerintah Daerah (Pemda) ini menjadi penentu terkait pembaruan klasifikasi daerah paling kreatif.

Bekraf akan meninjau perkembangan ekonomi kreatif di keempat daerah ini dari sisi Produk Domestik Bruto (PDB), tenaga kerja, dan ekspor produk. Karena itu, tiap-tiap daerah harus menjalankan perencanaan jangka pendek yang sudah dibuat hingga akhir tahun ini.

(Baca: Kolaborasi dengan Pemprov DKI, Go-Tix Promosikan Wisata Jakarta)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...