Negosiasi Dagang, Trump dan Xi Jinping Sepakat Bertemu di Jepang

Desy Setyowati
19 Juni 2019, 13:24
Trump perang dagang AS Tiongkok, Trump akan bertemu dengan Xi Jinping
REUTERS/Kevin Lamarque/ANTARA FOTO
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan, dirinya akan bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang pada 28-29 Juni.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping  akan bertemu di sela-sela forum G20 di Osaka, Jepang pada 28-29 Juni. Pertemuan tersebut membuka peluang berlanjutnya negosiasi dagang yang sempat terhenti antarkedua negara.

Trump mengabarkan kepastian pertemuan tersebut melalui akun Twitter resminya @realDonaldTrump. Ia mengatakan telah berkomunikasi melalui telepon dengan Xi. “Kami akan mengadakan pertemuan lanjutan minggu depan di G-20 Jepang. Tim kami akan memulai pembicaraan sebelum pertemuan kami," tulis dia, Selasa (18/6).

(Baca: Perundingan Dagang AS-Tiongkok Berlanjut, IHSG Kembali ke Level 6.300)

Xi mengonfirmasi rencana pertemuan tersebut. Xi berharap, AS memperlakukan perusahaan Tiongkok secara adil. Xinhua News Agency melaporkan, Trump memprakarsai panggilan telepon dengan Xi. Nantinya, tim ekonomi dan perdagangan kedua negara akan berkomunikasi tentang penyelesaian perbedaan sikap.

Kedua negara sempat melakukan negosiasi dagang selama berbulan-bulan sebelum terhenti lantaran para pejabat AS menuduh Tiongkok mundur dari komitmen yang telah disepakati. Sejak itu, interaksi antarpejabat  kedua negara menjadi terbatas. Trump pun mengancam akan mengenakan tarif yang lebih tinggi atas produk Tiongkok.

(Baca: Pengamat Nilai Perang Dagang AS-India Tidak Berdampak Bagi Indonesia)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...