Pencarian Properti Naik hingga 120% Usai Lebaran  

Michael Reily
14 Juni 2019, 20:39
Pencarian Properti, Lebaran
Agung Samosir|KATADATA
Ilustrasi, pameran properti. Pencarian informasi seputar properti naik 120% setelah Lebaran.

Portal properti Lamudi mencatat, tren pencarian informasi seputar rumah meningkat 120% setelah Lebaran. Rumah dengan harga di bawah Rp 500 juta di kawasan Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) paling banyak dicari di platform Lamudi.

Commercial Director Lamudi Yoga Priyautama menyampaikan, kenaikan pencarian properti biasanya menurun saat Ramadan dan meningkat setelah Lebaran. “Perkiraannya tren pencarian rumah akan semakin membaik hingga akhir tahun ini,” kata dia dalam siaran pers, Jumat (14/6).

(Baca: Dapat Modal, Startup Pembiayaan Properti Gradana Ekspansi ke Tiga Kota)

Berdasarkan data internal Lamudi, pencarian rumah sepanjang Mei meningkat 8,1% dibanding April 2019. Ia optimistis kenaikan pencarian properti akan berlanjut hingga akhir tahun, terutama setelah sidang sengketa Pilpres 2019 selesai.

Dia menjelaskan, bisnis properti sangat rentan terhadap kondisi politik, terutama segmen kelas atas yang mencakup investor. “Mereka akan cenderung menunggu dan melihat (wait and see) ketika melihat tidak stabilnya ekonomi dan keamanan,” kata Yoga.

Lamudi mencatat, pencarian rumah meningkat 15% setelah Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April lalu. Kenaikan itu, menurutnya menunjukan optimisme investor terhadap industri properti di tahun politik. Karena itu, ia optimistis pencarian properti akan terus meningkat hingga akhir tahun ini.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...