Arus Balik, 62,4 Ribu Kendaraan Diprediksi ke Jakarta Lewat Cikampek

Jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta lewat Tol Cikampek Utama naik 278,1% dibanding hari biasa yang hanya 22,4 ribu kendaraan.
Michael Reily
7 Juni 2019, 14:43
arus balik lebaran 2019
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Jasa Marga proyeksi arus balik lebaran terjadi pada Jumat (7/6).

PT Jasa Marga memperkirakan arus balik lebaran 2019 terjadi mulai hari ini (7/6). Jasa Marga memproyeksi, ada sekitar 62,4 ribu kendaraan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama.

Jumlah kendaraan tersebut naik 278,1% dibanding hari biasa yang hanya 22,4 ribu kendaraan. Corporate Communication Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti menyampaikan, volume lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama terpantau ramai lancar sejak pagi.

"Rekayasa lalu lintas satu arah sesuai diskresi kepolisian hari pertama arus balik Lebaran 2019 akan diberlakukan mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 hingga KM 70 GT Cikampek Utama dengan memperhatikan kondisi terkini di lapangan," kata Irra dalam keterangan resmi, Jumat (7/6).

(Baca: Cegah Kemacetan Arus Balik, Sistem Satu Arah di Tol Berlaku 7-10 Juni)

Advertisement

Ia mencatat, ada antrean normal sepanjang empat hingga lima kendaraan baik arah Cikampek maupun Jakarta. Ada beberapa titik kepadatan di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek, utamanya di dekat rest area seperti Rest Area kilometer 33A, kilometer 39A, serta kilometer 57A Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Meski begitu, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan kembali ke Jakarta dan sekitarnya, untuk memperhatikan waktu keberangkatan. Hal ini bertujuan agar tidak kemacetan yang panjang selama arus balik lebaran 2019. Irra menyampaikan, penetapan waktu keberankatan bakal mempengaruhi kondisi perjalanan.

(Baca: Kemenhub Paparkan 8 Strategi Antisipasi Arus Balik Bakauheni-Merak)

Ia juga mengimbau pengguna jalan agar memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. "Pastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan isi bahan bakar kendaraan sampai penuh sebelum memulai perjalanan," katanya.

Jasa Marga mencatat, ada 140.672 kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama selama dua hari perayaan Lebaran 2019, yaitu 5 dan 6 Juni 2019. Pengguna jalan yang melakukan mudik lebaran juga terpantau masih tinggi.

Hal itu terbukti dari volume kendaraan yang bertolak dari Jakarta di atas rata-rata lalu lintas normal yang hanya 23.153 kendaraan per hari. Pada 6 Juni misalnya, ada 66.842 kendaraan melalui Gerbang Tol Cikampek Utama atau naik 288,7% dibanding lalu lintas harian rata-rata normal.

(Baca: Kemenhub Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran 8-9 Juni 2019)

Reporter: Michael Reily
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait