Meski Tiket Mahal, Menhub Klaim Penumpang Pesawat Naik Tiga Persen

Desy Setyowati
26 Mei 2019, 17:16
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menteri Kesehatan Nila F Moloek meninjau kesiapan Bandara Soekarno-Hatta menyediakan layana untuk mudik lebaran.
Kemenhub
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menteri Kesehatan Nila F Moloek meninjau kesiapan Bandara Soekarno-Hatta menyediakan layana untuk mudik lebaran.

Harga tiket pesawat yang mahal sempat dikeluhkan masyarakat beberapa waktu lalu. Meski begitu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mencatat, pesawat tetap diminati para pemudik.

Hal itu terlihat dari tingkat keterisian jumlah penumpang pesawat dari Jakarta menuju beberapa daerah yang hampir mencapai 100 persen. “Menjelang hari raya Idul Fitri 2019, telah terjadi peningkatan penumpang sekitar dua sampai tiga persen,” ujar dia dalam siaran pers, Minggu (26/5).

Advertisement

Karena permintaan cukup tinggi, ia memperkirakan jumlah penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta naik satu persen dari semula1.300 menjadi 1.470. Untuk itu, ia meminta petugas di bandara menyiapkan layanan terkait kegiatan mudik lebaran.

(Baca: Tiket Mahal Menggerus Pendapatan Angkasa Pura I Rp 300 Miliar)

Mengacu pada data Ditjen Perhubungan Udara, puncak arus mudik angkutan udara diprediksi terjadi pada 31 Mei 2019 atau H-5 Lebaran. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 8-9 Juni 2019 atau H+1 dan H+2 Lebaran.

Untuk memenuhi permintaan tersebut, maskapai usul penambahan 1.609 extra flight. Dengan rincian, 1.563 untuk rute domestik dan 46 rute internasional. Dari 1.609 usulan maskapai untuk extra flight tersebut telah diterbitkan 311 flight approval. Rinciannya, 266 untuk rute domestik dan 45 untuk rute internasional. Ada 12 maskapai yang siap menyediakan layanan angkutan udara dengan total armada 547 unit.

Di satu sisi, ia mencatat bahwa tingkat keterisian penumpang pesawat  dari daerah menuju Jakarta sekitar 60 persen. Ia mengimbau maskapai untuk tarif khusus atau promosi bagi penumpang yang ingin berlibur ke Jakarta. Dengan begitu, okupansi penumpang pesawat dari daerah lain menuju ke Jakarta meningkat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement