554 Caleg Tak Serahkan Laporan Dana Kampanye, Perindo Terbanyak

Dimas Jarot Bayu
3 Mei 2019, 21:37
Sebanyak 554 caleg yang belum melaporkan dana kampanye berasal dari 10 partai politik.
ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Anggota KPPS mencatat perolehan suara saat penghitungan suara Pemilu serentak 2019 di TPS 77 Pondok Jaya, Cipayung, Depok, Jawa Barat, Rabu (17/4/2019).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat ada 554 calon anggota legislatif (caleg) yang tidak menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) hingga hari ini (2/5). Sebanyak 554 caleg tersebut berasal dari 10 partai politik.

Caleg dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) merupakan yang paling banyak tidak melaporkan LPPDK kepada KPU, yakni 222 orang. Posisi kedua ditempati oleh PPP sebanyak 194 caleg. Padahal, batas waktu penyerahan laporannya hari ini (2/5).

Kemudian, ada 119 caleg dari Partai Demokrat yang tidak menyerahkan LPPDK kepada KPU. Caleg dari Berkarya yang tidak melaporkan LPPDK ke KPU sebanyak tujuh orang. Ada empat caleg dari Golkar yang tidak menyerahkan LPPDK.

(Baca: KPU Siapkan Sanksi Bila Peserta Pemilu Tak Laporkan Dana Kampanye )

Caleg dari PKB dan Hanura yang tidak menyampaikan LPPDK masing-masing tiga orang. Lalu, masing-masing satu caleg dari PDIP, PSI, dan Garuda tidak menyerahkan LPPDK. Seluruh caleg dari PKS, Nasdem, Gerindra, PKPI, PAN, dan PBB bahkan tidak menyerahkan LPPDK ke KPU.

Meski begitu, seluruh partai politik telah menyerahkan LPPDK kepada KPU. Dari laporan tersebut, PDIP memiliki penerimaan dan pengeluaran dana kampanye paling besar selama Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Penerimaan dan pengeluaran dana kampanye PDIP tercatat Rp 345 miliar.

Golkar memiliki penerimaan dan pengeluaran dana kampanye sebesar Rp 307 miliar. Lalu, Nasdem berhasil menggalang dana kampanye sebesar Rp 259 miliar. Dana yang digunakan Nasdem mencapai Rp 232 miliar, sehingga saldo akhirnya Rp 27 miliar.

(Baca: Total Dana Kampanye Pileg 2019 Gerindra Mencapai Rp 134,7 Miliar)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...