Deretan Perempuan di Jajaran Pimpinan Startup Indonesia

Desy Setyowati
21 April 2019, 15:04
CEO investing in Woman Julia Newton-Howes dalam acara Katadata Forum X Investing in Women yang mengangkat tema “Scaling Up Women Enterprenuers” di JW Marriot Hotel, Mega Kuningan, Jakarta (5/3). Diskusi akan dipandu oleh Marlisa Soepeno (Owner of Manessa
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
CEO investing in Woman Julia Newton-Howes dalam acara Katadata Forum X Investing in Women yang mengangkat tema “Scaling Up Women Enterprenuers” di JW Marriot Hotel, Mega Kuningan, Jakarta (5/3). Diskusi akan dipandu oleh Marlisa Soepeno (Owner of Manessa Ethnic). Hadir pula sebagai pembicara Hayuning Sumbadra, Owner of ADRAWORLD, Batin and Untukmu, Dian Wulandari, Co-Founder of Instellar dan Dondi Hananto, Partner of Patamar Capital.

Indonesia memiliki 992 startup pada 2018. Sebagian dari perusahaan rintisan ini bergerak di bidang ekonomi kreatif. Di industri ini, jumlah pekerja perempuan melebihi laki-laki. Bahkan beberapa perempuan menduduki posisi pimpinan di startup.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menyampaikan, pekerja perempuan di industri ekonomi kreatif mencapai 56,04% pada 2017. Padahal porsi pekerja perempuan secara nasional hanya 38,35% pada periode yang sama.

Advertisement

Data ini ia sampaikan dalam rangka memperingati Hari Kartini, yang jatuh pada hari ini (21/4). “Semoga di era digital ini sudah tidak ada lagi pendapat kolot yang sudah usang. Dorong bangsa ini ke depan, bukan ditarik-tarik ke belakang,” ujar dia lewat akun Instagram-nya @triawanmunaf, Minggu (21/4).

Grafik:

Salah satu perempuan yang menduduki jajaran pimpinan startup bidang ekonomi kreatif adalah Diajeng Lestari. Perempuan kelahiran Bekasi, 17 Januari 1986 ini merupakan Chief Executive Officer (CEO) Hijup.com. Diajeng terinspirasi untuk membuat usahanya sendiri, ketika mengambil kelas ‘Management of Change’ dengan Rhenald Kasali sebagai pengajarnya.

Perjalanan Diajeng dalam berbisnis tidaklah mudah, karena banyaknya pesaing di industri fesyen muslim. Namun, menurutnya, para pesaing justru menguntungkan bagi usahanya. Sebab, produk halal semakin dikenal sehingga tercipta pasar-pasar baru. "Tantangannya adalah menciptakan efisiensi dan efektivitas dengan membangun value chain," ujarnya, pada Oktober 2018 lalu.

(Baca: Kolaborasi, Kunci Bisnis Halal di Era Digital)

Istri CEO Bukalapak Achmad Zaky ini menyampaikan, produktivitas industri fesyen muslim di Indonesia saat ini kalah dibanding Tiongkok. Salah satu penyebabnya adalah pembiayaan dan bahan baku. Untuk itu, ekosistem menjadi elemen penting agar industri ini bisa tumbuh. "Kolaborasi bukan hanya di pebisnis fesyen muslim, tapi seluruh pelaku di industri halal ini untuk menjangkau pasar," katanya.

Selain Diajeng, Alamanda Shantika menempati posisi penting di startup. Mantan Vice President of Technology Gojek ini mendirikan startup pendidikan, Binar Academy. Perusahaan ini menyediakan berbagai program pendidikan terkait teknologi informasi, dari yang gratis hingga bernilai belasan juta rupiah per paketnya.

Hingga akhir 2018, Binar Academy mencatat ada sekitar 12 ribu pendaftar program gratis. Untuk menutup biaya operasional, Binar Academy membuat program berbayar yang disebut Binar Plus dan Binar Masterclass. Setidaknya ada tiga jurusan yang tersedia yakni software engineer, product designer, dan product manager.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement