Sudah Diekspor, JK: Produk Narapidana Tak Boleh Dipandang Sebelah Mata

Image title
26 Maret 2019, 18:36
Lapas Kelas II A Palu
Antara
Ilustrasi Lembaga Pemasyarakatan. Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Jusuf Kalla membuka Pameran Produk Unggulan Narapidana (PUN) di Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, pada hari ini (26/3).

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Jusuf Kalla membuka Pameran Produk Unggulan Narapidana (PUN) di Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, pada hari ini (26/3). Menurut dia, kreaktivitas Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) tidak lagi boleh dipandang sebelah mata. Sebab, beberapa produknya sudah diekspor.

Produk hasil karya WBP atau  narapidana yang sudah diekspor seperti sarung tangan, produk makanan dan minuman, fesyen, kerajinan tangan seperti lukisan, dan lainnya. Contoh lainnya, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sragen, Jawa Tengah mengekspor 18.500 lembar keset berkarakter ke Australia pada 2018.

Sejalan dengan hal itu, JK, demikian ia biasa disapa, berharap agar kreativitas para narapidana terus ditingkatkan. Produk kerajinan tangan diminati banyak konsumen. "Raga boleh hilang kemerdekaan, tapi jiwa harus tetap berkembang,” kata Jusuf Kalla di Kemenperin, Jakarta, Selasa (26/3).

(Baca: Pemerintah Dorong Pengembangan Produk Kerajinan Warga Binaan Lapas)

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menambahkan, pameran ini merupakan ketujuh kalinya dilakukan. Pameran ini merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Hal ini dilakukan guna menghadirkan citra positif narapidana di Lapas. Toh, banyak produk kualitas ekspor yang dihasilkan narapidana.

Harapannya, masyarakat tidak melihat Lapas sebagai lembaga yang membelenggu kreativitas narapidana. “Justru Lapas berperan aktif membangun karakter dan keterampilan narapidana agar menjadi bekal di tengah masyarakat sebagai wirausaha baru,” kata Airlangga.

(Baca: Produk Hasil Warga Binaan Diharapkan Tembus Pasar Ekspor)

Halaman:
Reporter: Rizka Gusti Anggraini
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...