Adopsi Teknologi Digital, Tips Zomato agar Bisnis Kuliner Makin Sukses

Michael Reily
17 Maret 2019, 05:00
zomato
zomato
Acara Zomato Skillet “Foodigitalpreneur”. Adposi teknologi digital dianggap penting untuk menyukseskan bisnis kuliner.

Platform penyedia layanan pencarian informasi tempat makan dan minum Zomato mencatat, rerata kunjungan ke situsnya mencapai 32,3 juta setiap bulannya di Indonesia per Januari 2019. Berkaca dari animo tersebut, Zomato menyarankan pemilik bisnis kuliner perlu menggadopsi teknologi digital agar usahanya semakin dikenal dan sukses.

Menurut Marketing Manager Zomato Indonesia Dery Slyrova, teknologi seperti financial technologi (fintech) ataupun platform pencarian bisa membantu pemilik usaha kuliner mengembangkan bisnisnya. “Dunia digital merupakan saluran yang perlu dipertimbangkan dalam mempromosikan usaha, terutama bisnis restoran,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (15/3).

(Baca: Tempo.co Investasi ke Startup Edukasi Kuliner Foodizz.id)

Zomato menjadi salah satu platform yang membantu bisnis kuliner untuk lebih dikenal pengguna. Saat ini, jumlah pengguna Zomato mencapai 3,5 juta di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Bandung, serta Bali. Jumlah tersebut meningkat sekitar 75% dibanding 2016, yang mencapai dua juta pengguna.

Dari jumlah tersebut, pengguna perempuan mencapai 61%. Mayoritas pengguna Zomato berusia 25-34 tahun, dengan kontribusi hampir 40% dari total. Setidaknya, ada lebih dari 33 ribu restoran yang terhubung dengan platform Zomato di Indonesia.

Di Jabodetabek, profil bisnis yang terdaftar dalam Zomato mencapai 26.279. Sebaran tertinggi berada di Jakarta Selatan (22%), Tangerang (17%), dan Jakarta Utara (14%). Khusus di Jakarta, kunjungan ke situs setiap bulannya naik dari enam juta di 2016 menjadi delapan juta pada 2018.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...