Survei Terbaru Konsepindo: Elektabilitas Jokowi Masih Ungguli Prabowo

Dimas Jarot Bayu
13 Maret 2019, 19:41
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Perhelatan debat Pilpres 2019 diperkirakan memiliki efek pendongkrak elektabilitas untuk menggaet masyarakat yang belum menentukan atau masih dapat berubah pilihannya.

Hasil survei Konsep Indonesia (Konsepindo) memperlihatkan elektabilitas pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih lebih tinggi daripada pesaingnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Melalui simulasi top of mind, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 55 % per Februari 2019. Sementara itu, elektabilitas Prabowo-Sandiaga 33,2 %.

Lalu, responden yang tidak menjawab sebesar 11,8%. Adapun metode simulasi ini adalah dengan menanyakan secara langsung pilihan calon pemilih tanpa menggunakan kertas suara.

Dengan metode simulasi kertas suara pun elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 54,8 %. Jumlah tersebut juga lebih tinggi dibandingkan Prabowo-Sandiaga 34,1 %. Sementara itu, responden yang tidak menjawab sebesar 11,1 %. "Ada gap antara pasangan calon nomor urut 01 dan 02 sebesar 20,7 %," kata Direktur Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman di Jakarta, Rabu (13/3).

(Baca: Survei SMRC: Jokowi-Amin Unggul Jauh atas Prabowo-Sandi)

Survei tersebut dilakukan terhadap 1.200 responden, pada 17-24 Februari 2019. Responden dipilih secara acak atau multistage random sampling. Tingkat kesalahan alias margin of error dalam survei ini +/- 2,9%, dengan tingkat kepercayaan 95 %. Sementara itu, kontrol kualitas dilakukan terhadap 20% sampel.

Berkaca dari hasil survei tersebut, Veri menilai potensi Jokowi-Ma'ruf untuk memenangkan Pilpres 2019 sangat besar. Terlebih lagi, waktu yang tersisa hanya sekitar sebulan hingga masa pemungutan suara pada 17 April 2019 nanti.

(Baca: Survei PolMark: Elektabilitas di Bawah 50%, Jokowi dalam Bahaya)

Ada tiga alasan yang membuatnya yakin bahwa Jokowi-Ma'ruf akan dipilih publik. Ketiga alasan itu di antaranya mampu mengatasi masalah ekonomi, perhatian pada rakyat, dan berpengalaman. Menurut Veri, sebanyak 28,3 % responden percaya bahwa Jokowi mampu mengatasi masalah ekonomi di Indonesia.

Lalu, sebanyak 33,9 % responden yakin bahwa Jokowi-Ma'ruf perhatian pada rakyat. Kemudian, sebanyak 11 % responden menyatakan bahwa Jokowi-Ma'ruf sudah berpengalaman.

Sementara itu, sebanyak 29,8% responden memilih Prabowo-Sandiaga karena dianggap berwibawa. Lalu, 26,7% responden memilih pasangan ini karena dirasa mampu mengatasi masalah ekonomi. Sebanyak 11,3% responden lainnya memilih pasangan nomor urut 02 karena dianggap mampu menciptakan keamanan dan ketertiban.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...