Harga Minyak Anjlok, Pertamina Jelaskan Alasan BBM Tak Turun

Image title
21 April 2020, 18:48
Harga Minyak Anjlok, Pertamina Jelaskan Alasan harga BBM Tak Turun
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, Gedung Pertamina Pusat, Jalan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020).

Harga minyak terus menurun akibat permintaan anjlok efek pandemi corona. Anggota Komisi VII DPR pun bertanya kepada Pertamina terkait harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tak kunjung turun.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, komponen formula pembentuk harga BBM ditetapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Perlambatan ekonomi global akibat pandemi Covid-19 masuk dalam perhitungan ini.

Advertisement

"Secara garis besar, formula harga BBM ditetapkan oleh Kementerian ESDM," kata Nicke saat rapat virtual bersama Komisi VII, Selasa (21/4).

Ia mengaku, perusahaan bisa saja membeli minyak mentah dari luar negeri yang harganya jauh lebih murah ketimbang domestik. Namun, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina tidak bisa langsung mengambil keputusan ini.

(Baca: Pertama Kali dalam Sejarah, Harga Minyak Anjlok di Bawah US$ 0 / Barel)

Sebab, kilang harus terus beroperasi. Produksi minyak dari sektor hulu juga harus tetap jalan meski harga minyak dunia anjlok, bahkan minus sebagaimana terlihat pada databoks berikut:

Penyebabnya, biaya pengeboran tidak bisa disetop. Begitu juga kilang tak dapat dihentikan operasionalnya. “Kami tetap bayar (nilainya) besar juga. Sama saja. Karyawan jumlahnya 62 ribu, tidak mungkin tak kami bayar," kata Nicke.

Lagi pula, menurutnya harga bahan bakar di Indonesia masih lebih murah dibandingkan dengan negara Asean lainnya. Harga BBM di Tanah Air hanya kalah murah dibanding Malaysia.

“Kalau bandingkan harga dengan negara lain di regional, sebenarnya kita hanya kalah dengan Malaysia, karena rupiah terdepresiasi. Kalau dibandingkan dengan standar dolar Amerika Serikat (AS) untuk gasoline price ini US$0,49 atau Rp 7.650,” ujar dia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement