Mensos Akui Penyaluran Bansos Tunai di Luar Jabodetabek Terkendala

Dimas Jarot Bayu
27 April 2020, 20:31
Mensos Akui Penyaluran Bansos Tunai di Luar Jabodetabek Terkendala
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.
Menteri Sosial Juliari P Batubara (kedua kanan) didampingi Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diani (kiri berdiri) dan Sekertaris Dirjen Penanganan Fakir Miskin Nurul Farijati (kedua kiri berdiri) berbincang dengan warga penerima Kartu Keluarga Sejahtera di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (21/4/2020).

Menteri Sosial Juliari Batubara mengaku, bantuan sosial (bansos) tambahan dari pemerintah untuk masyarakat terdampak pandemi corona sudah disalurkan dalam sepekan terakhir. Penyaluran sembako di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pun berjalan lancar.

Namun, penyaluran bansos tunai di luar Jabodetabek mengalami kendala. "Bansos tunai di luar Jabodetabek sudah berjalan, meski belum banyak daerah yang kami lakukan," kata Juliari melalui video conference, Senin (27/4).

Kementerian harus berhati-hati dalam menyalurkan bansos tunai kepada masyarakat di luar Jabodetabek. Juliari tak ingin penyaluran ini salah akibat data yang tidak jelas.

(Baca: Warga Miskin Tanpa KTP Bisa Terima BLT Dana Desa Rp 600 ribu per Bulan)

Jika salah kirim, Juliari khawatir penyaluran bansos tunai akan menimbulkan masalah bagi pemerintah daerah (pemda) setempat. "Kami harus hati-hati kalau kirim uang. Salah-salah terjadi permasalahan yang tidak kami inginkan," ujar dia.

Selain itu, kementerian harus mengatur penyaluran bansos tunai agar tidak tidak tumpang tindih dengan bantuan dari dana desa. Karena itu, Juliari berhati-hati menyalurkan bantuan ini agar bisa dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...