Grup Lion Air Terbang Lagi dengan Izin Khusus per 3 Mei, Ini Syaratnya

Image title
28 April 2020, 21:28
Bukan Untuk Mudik, Lion Air Beroperasi Lagi Awal Mei
ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
Ilustrasi, petugas bersiap sebelum melakukan proses sterilisasi pesawat Lion Air di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020).

Lion Air Group bakal kembali melayani penerbangan domestik mulai 3 Mei nanti. Namun operasional dengan izin khusus dari Kementerian Perhubungan ini bukan untuk penerbangan umum, melainkan melayani pebisnis dan angkutan kargo.

"Untuk melayani pebisnis, bukan dalam rangka mudik," kata Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan resminya, Selasa (28/4).

Advertisement

Rencananya, layanan dengan izin khusus tersebut melayani rute-rute penerbangan, termasuk ke kota atau destinasi berstatus Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan wilayah dengan transmisi lokal atau daerah terjangkit (Zona Merah). Maskapai bakal melayani perjalanan baik melalui Lion Air, Wings Air, dan Batik Air.

(Baca: Angkasa Pura II Optimalkan Jasa Kargo di Bandara selama Pandemi)

Layanan penerbangan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama masa angkutan udara Idul Fitri periode 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19).

Perjalanan yang dilayani oleh Lion Air tersebut di antaranya untuk pimpinan lembaga tinggi negara atau tamu kenegaraan, operasional kedutaan besar, konsulat jenderal, konsulat asing, termasuk perwakilan organisasi internasional yang memiliki kedudukan di Indonesia.

Selain itu, layanan penerbangan tersebut berlaku untuk operasional penegakan hukum, serta ketertiban dan pelayanan darurat. Lion Air juga melayani penerbangan khusus (repatriasi) untuk pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) atau Asing (WNA), dan lainnya atas seizin Direktur Jenderal Perhubungan Udara.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement