Tertekan Pandemi & Harga Minyak Anjlok, Elnusa Ubah Rencana Kerja 2020

Image title
30 April 2020, 18:29
Tertekan Pandemi & Harga Minyak Anjlok, Elnusa Ubah Rencana Kerja 2020
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi PT Elnusa Tbk di acara IPA Convention and Exhibition (Convex) 2019 di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2019).

Kombinasi pandemi corona dan harga minyak yang terpuruk menjadi tantangan bagi industri di sektor minyak dan gas bumi (migas). Untuk bisa bertahan di masa sulit ini, PT Elnusa Tbk pun menyesuaikan rencana kerjanya tahun ini.

Head of Corporate Communication Elnusa Wahyu Irfan menjelaskan, perusahaan masih bisa tumbuh ketika harga minyak dunia turun hingga ke level US$ 28 per barel. Akan tetapi, harganya terus anjlok.

Advertisement

Bahkan, harga minyak jenis WTI sempat negatif atau di bawah US$ 0 per barel imbas pandemi virus corona. Penyebabnya, permintaan minyak menurun drastis di tengah kebijakan pembatasan aktivitas warga di luar rumah guna menekan penyebaran Covid-19.

(Baca: Elnusa Incar Laba Rp 400 Miliar Tahun Ini)

Belum lagi, pandemi corona berdampak terhadap perekonomian dunia, termasuk Indonesia. “Dua persoalan besar ini menjadi tantangan untuk berbagai industri terkait," kata Wahyu kepada Katadata.co.id, Kamis (30/4).

Kendati begitu, perusahaan telah menerapkan diversifikasi portofolio yang lengkap dan beberapa strategi. Selain itu, Elnusa menyesuaikan rencana kerja tahun ini seiring dengan berkurangnya aktivitas kontraktor migas.

Perusahaan juga memastikan arus kas aman dengan menerapkan sharing the pain atau supply chain financing (SCF) kepada mitra kerja sejak tahun lalu. Elnusa mengklaim, strategi ini bisa menyeimbangkan account receivables dan account payables.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement