Jokowi Janjikan Seluruh Bansos Diterima Warga Pekan Ini

Dimas Jarot Bayu
4 Mei 2020, 12:18
Jokowi Minta Seluruh Bansos Sudah Diterima Warga Pekan Ini
Katadata
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin penyaluran seluruh bantuan sosial (bansos) dari pemerintah sudah diterima oleh warga terdampak pandemi corona pekan ini. Untuk itu, data penerima bantuan perlu dibuka secara transparan.

"Saya minta kecepatan, supaya bansos ini sampai di tangan keluarga penerima. Betul-betul semakin cepat diterima, semakin baik," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui video conference, Senin (4/5).

Advertisement

Meski begitu, dia mendorong agar penyaluran bansos dari pemerintah pusat (pempus) memperhatikan pemerintah daerah (pemda) dan desa. Karena itu, Menteri Sosial Juliari Batubara, kepala daerah hingga kepala desa harus turut memantau pemberian bansos di lapangan.

(Baca: Salah Pendataan Bansos di Masa Pandemi Berpotensi Picu Konflik)

Dengan begitu, penyaluran bansos tidak tumpang tindih. "Saya juga meminta daerah diberi fleksibilitas agar kalau ada warga miskin yang belum dapat (bansos) segera bisa dicarikan solusinya," kata Jokowi.

Selain itu, data penerima bansos perlu dibuka secara transparan. Penerima, kriteria, dan jenis bansos yang disalurkan pun harus jelas. 

Hal itu bertujuan agar data penerima bansos tidak menimbulkan kecurigaan di masyarakat. "Dan, kami bisa melakukan koreksi segera di lapangan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement