Efek Corona, Kemenkeu Putuskan Tak Ada Pendaftaran PKN STAN Tahun Ini

Desy Setyowati
8 Mei 2020, 07:53
Efek Corona, Kemenkeu Putuskan Tak Ada Pendaftaran PKN STAN Tahun Ini
instagram/@pknstan
Ilustrasi, mahasiswa menghadiri seminar yang diadakan di STAN pada 2019 lalu.

Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memutuskan untuk tidak membuka pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN pada tahun ini. Keputusan ini berdasarkan tiga pertimbangan, salah satunya pandemi corona.

Pertama, seleksi dalam bentuk tes umum tidak dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini sejalan dengan keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang Penetapan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia.

“Mengingat jumlah rata-rata pendaftar selama tiga tahun terakhir mencapai 130 ribu peserta,” kata Direktur PKN STAN Rahmadi Murwanto dalam pernyataan resminya, kemarin (7/5).

(Baca: Kemenkeu Sebar Lulusan STAN ke 32 Kementerian/Lembaga)

Kedua, saat ini sedang dilaksanakan restrukturisasi dan pengkajian kebutuhan pegawai Kemenkeu, dari lulusan program DI dan DIII PKN STAN serta sumber lainnya.

Terakhir, adanya penataan ulang sistem dan tata kelola pendidikan kedinasan di PKN STAN. Hal ini termasuk program studi dan kurikulum yang menekankan pada relevansi lulusan PKN STAN di masa depan, serta aspek pengembangan karakter ASN.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...