Jadi Penggerak Ekonomi, Erick Thohir Dorong BUMN Terapkan ‘New Normal’

Image title
18 Mei 2020, 14:57
Jadi Penggerak Ekonomi, Erick Thohir Dorong BUMN Terapkan ‘New Normal’
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan pengecekan stok masker di apotek kimia farma Jalan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (5/3/2020).

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipimpin Erick Thohir mengkaji empat skenario ‘new normal’ terkait pandemi corona. Kementerian mendorong perusahaan berpelat merah untuk menerapkan skema ‘normal yang baru’ ini.

Sebab, BUMN dinilai bisa menjadi lokomotif penggerak masyarakat secara luas untuk melakukan ‘new normal’. Apalagi hampir sepertiga kegiatan ekonomi di Indonesia digerakan oleh perusahaan milik negara.

Advertisement

"Jadi bisa dibayangkan, BUMN bergerak jadi lokomotif mendorong ‘new normal’. Semoga, kami segera bisa bergerak ke ‘new normal’ secara alamiah," kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian BUMN Alex Denni dalam jumpa pers secara virtual, Senin (18/5).

(Baca: Erick Thohir Minta BUMN Siapkan Strategi Hadapi 'New Normal')

Kementerian pun sudah mengkaji skenario ‘new normal’. Kajian ini mempertimbangkan dua ketidakpastian yakni eksistensi vaksin dan virus corona, serta perilaku masyarakat.

Dengan kedua pertimbangan itu, ada empat skenario yang disiapkan. Pertama, kondisi paling berbahaya.

Kedua, pengetatan protokol kesehatan. Alex mencontohkan, masyarakat tetap wajib memakai masker jika ke luar rumah. Menjaga jarak fisik dan menjalankan pola hidup bersih.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement