Matahari Tepat di Atas Ka'bah Besok dan Lusa, Saatnya Cek Arah Kiblat

Desy Setyowati
26 Mei 2020, 19:31
Matahari Tepat di Atas Ka'bah Besok dan Lusa, Saatnya Cek Arah Kiblat
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/wsj.
Ilustrasi, sejumlah warga berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Senin (25/5/2020).

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Agus Salim mengatakan, matahari akan melintas tepat di atas Ka'bah, Mekah, Arab Saudi, pada 27 dan 28 Mei. Karena itu, umat Islam diimbau untuk mengecek arah kiblat.

"Peristiwa alam ini akan terjadi pada Pukul 16.18 WIB atau 17.18 Wita. Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Ka'bah," kata Agus dalam siaran pers, Selasa (26/5).

Advertisement

Fenomena alam tersebut berdasarkan data astronomi. Peristiwa semacam ini dikenal sebagai Istiwa A'dham atau Rashdul Qiblah yaitu waktu matahari di atas Ka'bah dengan bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Momentum itu dapat dimanfaatkan umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya. Caranya, dengan menyesuaikan kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.

(Baca: Usai Sterilisasi Corona, Saudi Buka Kembali Masjidil Haram dan Nabawi)

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses verifikasi arah kiblat. Pertama, pastikan benda yang menjadi patokan benar-benar berdiri tegak lurus. Bisa menggunakan bandul.

Kedua, permukaan harus betul-betul datar atau rata. Terakhir, jam pengukuran harus disesuaikan dengan standar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), RRI atau Telkom.

BMKG mengatakan peristiwa matahari berada tepat di atas Kakbah merupakan kejadian biasa. Penyebabnya, karena peredaran bumi yang mengelilingi matahari.

"Peredaran bumi mengelilingi matahari. Maka, pada tanggal-tanggal tertentu matahari akan berada di atas Kakbah," kata Kepala Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Hendra Suwarta melalui sambungan telepon kepada Antara.

Peristiwa matahari berada tepat di atas Ka'bah biasa terjadi dua kali dalam setahun. Pertama pada 27-28 Mei dan yang kedua pada 15-16 Juli.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement