Conrad Klaim Lapangan Gas Mako Salah Satu yang Terbesar di West Natuna

Image title
27 Mei 2020, 19:19
Conrad Sebut Lapangan Gas Mako Salah Satu yang Terbesar di West Natuna
conradpetro.com
Ilustrasi fasilitas pengeboran milik Conrad

Conrad Petroleum mengumumkan bahwa Lapangan Gas Mako merupakan salah satu yang terbesar di Cekungan West Natuna, lepas pantai Indonesia. Hal ini berdasarkan hasil studi bawah permukaan (subsurface) dan hasil audit sumber daya indenpenden.

Lapangan Gas Mako terletak di Blok Duyung, di Cekungan West Natuna. Conrad, selaku operator, mengetahui bahwa lapangan gas ini termasuk salah satu yang terbesar setelah merampungkan pengeboran pada akhir tahun lalu.

Advertisement

Conrad melakukan peninjauan kembali ke lapangan Mako secara komprehensif, yang hasilnya dirilis pada April lalu. Tinjauan ini mencakup semua aspek, termasuk pengembangan lapangan.

(Baca: Conrad Petroleum Siap Lakukan Joint Study Dua Blok Migas di Aceh)

Hasilnya, volume sumber daya keseluruhan lebih tinggi dibandingkan proyeksi awal. "Potensi tingkat produksi harian yang lebih tinggi dari gas kering berkualitas tinggi," kata Conrad dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (27/5).

Conrad melibatkan Gaffney Cline and Associates (GCA) untuk merampungkan audit sumber daya independen terkait Lapangan Gas Mako. Audit yang dirilis 22 Mei lalu ini menggambarkan estimasi sumber daya internal Conrad.

Hasilnya lebih tinggi dibandingkan dengan audit mereka pada Januari 2019. (Baca: Antisipasi Defisit, SKK Migas Andalkan 3 Proyek Gas)

Estimasi terkait sumber daya yang dapat dipulihkan 2C atau kontingen, mencapai 495 miliar kaki kubik fit (BCF) atau 79% lebih tinggi dibandingkan hasil audit 2019. Sedangkan sumber daya 3C atau bergantung, 108% lebih tinggi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement