Harga Minyak Anjlok karena Pasar Khawatir Kerusuhan di AS

Image title
1 Juni 2020, 08:30
Harga Minyak Anjlok karena Pasar Khawatir Kerusuhan di AS
KATADATA
Ilustrasi kilang minyak

Harga minyak mentah dunia anjlok pada perdagangan pagi, hari ini (1/6). Salah satu penyebabnya, pasar khawatir akan kerusuhan yang terjadi di Amerika Serikat (AS), terkait kematian warga kulit hitam, George Floyd.

Dikutip dari Bloomberg per Pukul 08.12 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 turun 0,95% menjadi US$ 37,48 per barel. Sedangkan, minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juli 2020 turun 1,18% ke level US$ 35,07 per barel.

Pasar khawatir, kerusuhan di AS akan menghambat peningkatan permintaan minyak. Padahal, pasar mulai optimistis terhadap harga minyak seiring dengan rencana negara-negara pengekspor minyak (OPEC) memperpanjang pemangkasan produksi.

"Rumor tentang pemotongan produksi tambahan dan tanggal pertemuan sebelumnya membuat pasar optimistis," kata Analis Senior di Price Futures di Chicago Phil Flynn dikutip dari Reuters, Senin (1/6).

(Baca: Tensi AS-Tiongkok Meningkat, Harga Minyak Jatuh Ke Level US$ 31)

Rusia tidak keberatan jika pertemuan dilakukan pada 4 Juni. Aljazair, yang saat ini memegang kursi kepresidenan OPEC, juga mengusulkan agar pertemuan dimajukan dari rencana awal 9-10 Juni.

Sejak bulan lalu, OPEC dan Rusia (OPEC+) telah memangkas ekspor minyak secara signifikan. Hal ini sejalan dengan kesepakatan mereka untuk memotong produksi 9,7 juta barel per hari mulai Mei.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...