Trump Sempat Dibawa ke Bungker saat Demonstran Serbu Gedung Putih

Desy Setyowati
1 Juni 2020, 14:34
Trump Sempat Dibawa ke Bungker saat Demonstran Serbu Gedung Putih
ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis/foc/cf
Presiden Amerika Serikat Donald Trump memeriksa kartu debit bantuan pandemi penyakit virus korona (COVID-19) yang diberikan kepadanya saat rapat Kabinet di Ruang Timur Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Selasa (19/5/2020).

Aksi unjuk rasa terkait kematian warga kulit hitam, George Floyd meluas. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bahkan sempat dibawa ke bungker, ketika para demonstran berkumpul di luar Gedung Putih pada Jum’at malam, waktu setempat.

The New York Times yang pertama kali melaporkan bahwa Trump dibawa ke bungker saat unjuk rasa berlangsung.

Advertisement

Trump berada di bungker selama kurang dari satu jam. Sumber yang merupakan penegak hukum dan yang mengetahui persoalan ini menyampaikan, ibu negara AS, Melania Trump dan putranya, Barron juga dilarikan ke bungker.

Sumber, yang akrab dengan protokol mengatakan, jika pihak berwenang memindahkan Trump, maka keluarganya juga dilindungi. Oleh karena itu, Melania dan Barron juga dibawa ke bungker.

“Jika kondisi di Gedung Putih meningkat statusnya menjadi ‘merah’ dan Presiden dipindahkan ke Pusat Operasi Darurat, maka Melania Trump, Barron Trump dan anggota keluarga pertama lainnya juga,” kata sumber lainnya kepada CNN Internasional, Senin (1/6).

(Baca: Kematian George Floyd & Data Pembunuhan Kulit Hitam oleh Polisi di AS)

Berdasarkan email yang dilihat CNN Internasional, Gedung Putih memperingatkan para staf untuk menyembunyikan kartu izin sampai mereka mencapai titik masuk Dinas Rahasia. Kartu izin ini juga harus disembunyikan ketika mereka pergi.

Email itu mengirim ulang mandat tersebut kepada para staf Gedung Putih. Melalui surat elektronik ini juga, mereka menyampaikan bahwa tingkat pengamanan tinggi, karena adanya aksi unjuk rasa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement