Empat Bahaya Akses Situs Streaming Film Ilegal IndoXXI hingga Lk21

Cindy Mutia Annur
8 Juni 2020, 14:14
Empat Bahaya Akses Situs Streaming Film Ilegal IndoXXI hingga Lk21
Katadata
Ilustrasi tampilan platform situs streaming film ilegal IndoXXI

Menonton film menjadi alternatif bagi hiburan selama di rumah di tengah pandemi corona. Namun, ahli informasi dan teknologi (IT) mengingatkan bahwa ada empat bahaya mengakses situs streaming film ilegal seperti IndoXXI atau Lk21.

Pertama, biasanya situs streaming film ataupun musik ilegal diwarnai pop-up iklan, sebagai ladang pendapatan bagi pengelola platform. Pop up ini bisa saja mengandung malware atau virus.

Advertisement

"Di setiap tindakan klik di situs streaming film atau musik ilegal, pasti ada pop-up iklan yang kemungkinan memuat malware," ujar Peneliti Keamanan Siber Communication Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha kepada Katadata.co.id, Senin (8/6).

Kedua, pengambilan data. "Cukup berbahaya bila situs web itu melakukan grabbing data tanpa informasi sama sekali, sangat berbahaya. Apalagi bila web itu juga langsung menularkan malware," ujar dia.

(Baca: Menyoal Pidana pada Situs Streaming IndoXXI dan LK21)

Ia mencontohkan, situs web yang menayangkan data kasus positif virus corona di seluruh dunia, John Hopkins sempat mengandung malware di awal kehadirannya. Bahkan, peretas (hacker) mencuri data pengguna.

Di satu sisi, beberapa situs web streming ilegal juga mewajibkan para pengunjungnya untuk mengunduh perangkat lunak (software) seperti aplikasi, untuk bisa menonton film atau mendengarkan musik. Software inilah yang biasanya mengandung malware.

"Saat malware masuk ke ponsel ataupun PC, peretas bisa merekam dan mengumpulkan kegiatan komputasi kita," ujar Pratama. Informasi yang dikumpulkan termasuk data keuangan seperti internet banking, media sosial dan email pengguna, sehingga username, password dan kartu kreditnya bisa diketahui.

(Baca: Diincar Kominfo, Begini Cara IndoXXI dan LK21 Raup Untung Puluhan Juta)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement