Investor Ambil Untung, Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 886 Ribu/Gram

Desy Setyowati
12 Juni 2020, 08:53
Investor Ambil Untung, Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 886 Ribu/Gram
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Ilustrasi emas Antam

Harga emas Antam turun Rp 7 ribu ke level Rp 886 ribu per gram pada perdagangan hari ini (12/6). Sedangkan harga logam mulia secara global turun, karena investor ambil untung (profit taking).

Hal itu dilakukan setelah harga emas melonjak lebih dari 1% karena kebijakan Federal Reserve (The Fed). Bank sentral Amerika Serikat (AS) ini memutuskan untuk menahan suku bunga acuan (Fed Fund Rate/FFR).

Kebijakan itu membuat harga emas menguat ke level tertinggi dalam sepekan pada perdagangan kemarin (11/6). Namun, pagi ini, “mereka (investor) ambil untung,” kata Analis Julius Baer, ​​Carsten Menke, dikutip dari Economic Times, Jumat (12/6).

(Baca: The Fed Tahan Suku Bunga, Harga Emas Antam Naik Jadi Rp 893 Ribu/Gram)

Dikutip dari Bloomberg, harga emas di pasar spot turun tipis 0,01% ke level US$ 1.728,9 per ons per Pukul 7.45 WIB. Sedangkan harga emas berjangka turun 0,3% ke posisi US$ 1.734,6 per ons.

"Pasar benar-benar terombang-ambing dan terpecah antara pesimistis dan optimistis. Itu alasan utama mengapa kita masih bergerak di sekitar level US$ 1.700 per ons untuk beberapa waktu,” kata Menke.

Kendati begitu, beragam stimulus yang digelontorkan bank sentral di banyak negara mendukung harga emas. Dalam pertemuan kemarin, The Fed masih berkomitmen untuk menggunakan seluruh instrumen untuk memulihkan perekonomian akibat pandemi corona.

(Baca: Harga Emas Antam Naik Rp 6.000/Gram Jelang Pertemuan Bank Sentral AS)

Mereka menilai, krisis kesehatan akibat pandemi virus corona membebani aktivitas perekonomian, lapangan kerja, dan tingkat inflasi jangka pendek. Ini menimbulkan risiko besar terhadap prospek ekonomi dalam jangka menengah. 

(Baca: Harga Emas Dunia Jatuh, Logam Mulia Antam Anjlok Lagi Rp 17 Ribu/Gram)

Di dalam negeri, harga emas Antam turun untuk seluruh jenis produk berdasarkan bobot. Harga penjualan kembali emas Antam juga menurun Rp 7.000 menjadi Rp 777 ribu per gram.

Berikut harga emas di Butik Emas LM Pulo Gadung pada hari ini, dikutip dari www.logammulia.com:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...