Harga Minyak Naik Ditopang Perbaikan Data Ekonomi Asia dan Eropa

Image title
30 Juni 2020, 07:28
Data Ekonomi Asia dan Eropa Bantu Harga Minyak Naik
Katadata
Ilustrasi kilang minyak

Harga minyak mentah dunia cenderung naik pada pagi hari ini, Selasa (30/6) waktu Indonesia. Kenaikan ini didukung data ekonomi Asia dan Eropa yang menunjukkan perbaikan.

Data-data ekonomi tersebut menahan laju penurunan harga minyak imbas kekhawatiran kasus baru positif virus corona yang terus bertambah. Data Worldometers menujukkan total kasus terinfeksi Covid-19 di dunia mencapai 10.401.169 pada pagi hari ini.

Berdasarkan data Bloomberg per pukul 06.53 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 naik 1,68% ke level US$ 41,71 per barel. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 bertambah 0,15% ke level US$ 39,76 per barel.

Harga minyak terbantu pemulihan ekonomi di Eropa. Data dari Komisi Eropa menunjukkan sentimen ekonomi naik dari 67,5 pada Mei menjadi 75,7 bulan ini. Meskipun indeks ini masih jauh di bawah rata-rata 100 sejak 2000.

(Baca: Pasar Khawatir Corona Bawa Dampak Resesi, Harga Minyak Tertekan Lagi)

Kenaikan sentimen ekonomi itu juga terjadi di semua sektor. Yang tertinggi pada sektor ritel dan jasa. Peningkatannya juga tersebar di Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, dan Belanda.

Sedangkan di Tiongkok, keuntungan perusahaan di industri naik untuk pertama kalinya dalam enam bulan terakhir pada Mei. Ini menunjukkan pemulihan ekonomi Negeri Panda.

Indeks saham Amerika Serikat (AS) yang naik secara luas pada Senin juga menambah dukungan bagi harga minyak. Walaupun, pasar masih mengkhawatirkan adanya gelombang kedua pandemi corona.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...