Telkom Jajaki Buka Blokir Netflix karena Dua Faktor

Cindy Mutia Annur
2 Juli 2020, 15:38
Telkom Jajaki Buka Blokir Netflix karena Dua Faktor
123RF.com/Charnsit Ramyarupa
Ilustrasi Netflix

Telkom Group dikabarkan akan membuka blokir layanan Video on Demand (VoD) Netflix pada awal bulan ini. Perusahaan mengaku ada dua kemajuan dari hasil diskusi dengan Netflix.

“Pembukaan blokir hanya masalah waktu. Kami intens mengadakan pembicaraan," ujar Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo kepada Katadata.co.id, Kamis (2/7).

Progres dari hasil diskusi yang dimaksud, yakni Netflix sudah memiliki kebijakan penghapusan (takedown policy) konten negatif. Ini termasuk konten yang dapat menimbulkan ketidaknyaman bagi pelanggan, khususnya di Indonesia.

Netflix juga sudah menampilkan fitur-fitur pengawasan orang tua alias parental control. Ini untuk memastikan pengguna di bawah umur tak mengakses film-film dewasa.

(Baca: Menyoal Blokir Telkom terhadap Netflix, Kinerja hingga Pajak Digital)

Kemajuan kedua, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu sudah menampilkan banyak film karya anak bangsa di platform. Telkom berharap bisa menyatukan visi dengan Netflix ke depan. 

Saat ini, Telkom Group dan Netlfix masih menunggu waktu yang tepat untuk menjalankan kesepakatan bersama. "Setelah ini selesai, kami akan buka blokirnya," ujar dia. 

Hanya, ia enggan memerinci target kesepakatan di antara kedua perusahaan. “Kami sudah sama-sama memiliki niat baik yang sama untuk berkolaborai. Itulah yang bisa mempercepat kesepakatan kami," ujar dia. 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...