Telkom Buka Blokir Netflix Hari Ini

Desy Setyowati
7 Juli 2020, 14:08
Telkom Buka Blokir Netflix Hari Ini
Google Play Store
Ilustrasi Netflix

Telkom Group akhirnya membuka blokir layanan Video on Demand (VoD) Netflix pada hari ini. Dengan begitu, pelanggan IndiHome, Telkomsel dan Wifi.id bisa mengakses konten-konten Netflix.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia,” kata Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo dalam siaran pers, Selasa (7/7).

Advertisement

Pendekatan yang dimaksud, Netflix menunjukkan komitmennya untuk dapat diterima masyarakat Indonesia. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu memastikan ketersediaan tools pada sistem untuk membatasi akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan (parental control).

Perusahaan penyedia VoD itu juga menyediakan mekanisme untuk penanganan keluhan pelanggan. Ini termasuk komitmen mereka untuk sesegera mungkin mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah dalam waktu 24 jam.

(Baca: Telkom Jajaki Buka Blokir Netflix karena Dua Faktor)

Netflix juga menyepakati komitmen kepatuhan pada Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN. Salah satu kesepakatannya, yakni tidak menayangkan prohibited content atau konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu. 

(Baca: Menyoal Blokir Telkom terhadap Netflix, Kinerja hingga Pajak Digital)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement