Telkom Buka Blokir Netflix Hari Ini

Telkom Group membuka blokir layanan Netflix pada hari ini. Sebab, Netflix memenuhi beberapa persyaratan yang diajukan.
Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati
7 Juli 2020, 14:08
Telkom Buka Blokir Netflix Hari Ini
Google Play Store
Ilustrasi Netflix

Telkom Group akhirnya membuka blokir layanan Video on Demand (VoD) Netflix pada hari ini. Dengan begitu, pelanggan IndiHome, Telkomsel dan Wifi.id bisa mengakses konten-konten Netflix.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia,” kata Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo dalam siaran pers, Selasa (7/7).

Pendekatan yang dimaksud, Netflix menunjukkan komitmennya untuk dapat diterima masyarakat Indonesia. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu memastikan ketersediaan tools pada sistem untuk membatasi akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan (parental control).

Perusahaan penyedia VoD itu juga menyediakan mekanisme untuk penanganan keluhan pelanggan. Ini termasuk komitmen mereka untuk sesegera mungkin mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah dalam waktu 24 jam.

(Baca: Telkom Jajaki Buka Blokir Netflix karena Dua Faktor)

Netflix juga menyepakati komitmen kepatuhan pada Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN. Salah satu kesepakatannya, yakni tidak menayangkan prohibited content atau konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu. 

(Baca: Menyoal Blokir Telkom terhadap Netflix, Kinerja hingga Pajak Digital)

Telkom menilai itikad baik Netflix itu sebagai peluang meningkatkan kualitas layanan melalui ragam konten hiburan, termasuk film lokal. Namun, dengan tetap berkomitmen mengedepankan kenyamanan dan perlindungan terhadap pelanggan.

”Kemitraan ini merupakan upaya menumbuhkan bisnis digital dan terus menjaga excellent customer experience Telkom Group dengan menyediakan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses konten berkualitas,” ujar Arief. Telkom berharap, Netflix dapat lebih berperan terhadap kemajuan industri film nasional ke depan.

(Baca: Buka Blokir Netflix di Telkomsel & Indihome, Ini Tiga Syarat Telkom)

Sebelumnya, Arif menjelaskan ada tiga syarat untuk membuka blokir Netflix. Pertama, terkait kebijakan penangguhan atau take down policy konten.

Kedua, perlindungan terhadap pelanggan. Ketiga, pemenuhan atau compliance terhadap aturan yang berlaku di Indonesia.

Head of Communications Netflix Asia Pacific Leigh Wong sempat mengatakan, persoalan antara perusahaannya dengan Telkom bersifat business to business. Perusahaan pun terus berdiskusi terkait pemblokiran tersebut.

Ia menegaskan Netflix akan terus bernegosiasi dengan Telkom Group dan selalu terbuka untuk bekerja sama dengan perusahaan lain. (Baca: Pengguna IndiHome Bisa Akses Netflix? Begini Penjelasan Telkom)

Reporter: Desy Setyowati

Video Pilihan

Artikel Terkait