3.606 Orang Tewas, Gugus Tugas Kecewa Ada yang Sebut Corona Konspirasi

Dimas Jarot Bayu
13 Juli 2020, 13:35
3.606 Orang Tewas, Gugus Tugas Kecewa Ada yang Sebut Corona Konspirasi
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/foc.
Ilustrasi, sejumlah Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mengikuti rapid test COVID-19 di Medan, Sumatera Utara, Selasa (7/7/2020).

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyayangkan ada beberapa pihak yang menganggap virus corona sebagai bagian dari konspirasi dan direkayasa. Padahal, 3.606 orang di Indonesia meninggal dunia akibat pandemi ini hingga kemarin sore (12/7).

Bahkan, data Worldometers menunjukkan 571.674 orang tewas akibat virus itu secara global. “Ini nyata. Fakta," kata Doni di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/7).

Advertisement

Oleh karena itu, Doni meminta masyarakat memahami bahwa corona sangat berisiko. Utamanya, bagi warga lanjut usia dengan umur di atas 60-70 tahun.

(Baca: Survei: Sebagian Warga Jakarta Percaya Virus Corona Buatan Manusia)

Corona pun rentan menginfeksi orang-orang yang memiliki penyakit bawaan, seperti hipertensi, diabetes, jantung, ginjal, kanker, asma, TBC, dan lainnya. "Covid-19 ini ibaratnya malaikat pencabut nyawa bagi mereka yang rentan," kata Doni.

Ia menegaskan bahwa pemerintah akan terus berupaya menekan laju penularan corona dan angka kematiannya. Salah satu caranya, gencar menyosialisasikan protokol kesehatan secara efektif dan masif.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement