1.172 Pedagang Terinfeksi Virus Corona, 142 Pasar Ditutup

Image title
20 Juli 2020, 08:55
1.172 Pedagang Terinfeksi Virus Corona, 142 Pasar Ditutup
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/pras.
Ilustrasi, pedagang memakai pelindung wajah saat sosialisasi penerapan adaptasi kebiasaan baru di pasar tradisional Petisah Medan, Sumatera Utara, Jumat (17/7/2020).

Sebanyak 1.172 pedagang pasar tradisional terinfeksi virus corona hingga kemarin (19/7). Oleh karena itu, 142 pasar ditutup beberapa bulan guna meminimalkan potensi penularan.

Para penjual yang terjangkit Covid-19 itu berdagang di 201 pasar di 26 provinsi dan 83 kabupaten/kota. Sebanyak 37 orang di antaranya meninggal dunia.

Advertisement

Ketua Bidang Organisasi Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Muhammad Ainun Najib mengatakan, lonjakan kasus positif corona di pasar terjadi dalam seminggu terakhir. Hal ini karena masifnya pelaksanaan rapid test dan swab test.

(Baca: Jokowi akan Bantu Modal Kerja 12 Juta Pedagang Kecil Se-Indonesia)

“Itu pukulan berat bagi kami sekaligus motivasi agar lebih giat, aktif dan progresif dalam menyosialisasikan protokol kesehatan," kata Ainun dikutip dari siaran pers, Senin (20/7).

Di satu sisi, penutupan 142 pasar membuat distribusi pangan dan perekonomian rakyat di beberapa daerah terganggu. Oleh karena itu, pemerintah daerah dan pusat diharapkan semakin memperhatikan potensi penularan virus corona di pasar tradisional.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement