Pemprov Jakarta Siapkan Rp 171 Miliar untuk Bantu Siswa Sekolah Swasta

Desy Setyowati
20 Juli 2020, 12:54
Pemprov Jakarta Siapkan Rp 171 Miliar untuk Bantu Siswa Sekolah Swasta
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/wsj.
Ilustrasi, sejumlah siswa dan siswi baru mengikuti pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Negeri 2 Indramayu, Jawa Barat, Senin (13/7/2020).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan Rp 171 miliar untuk membantu siswa sekolah swasta yang terkena dampak Covid-19. Skema bantuan pun tengah disusun.

Bantuan tersebut rencanannya diberikan kepada siswa sekolah swasta untuk jenjang SMP, SMA, SMK. Hal ini untuk membantu pelajar yang tak lolos seleksi pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan terpaksa masuk sekolah swasta pada Tahun Ajaran 2020/2021.

Advertisement

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta mencocokkan data siswa yang tak lolos PPDB dan yang menerima bantuan sosial (bansos) terkait virus corona. Hal ini agar bantuan yang diberikan tepat sasaran.

(Baca: Kemenag Ringankan Uang Kuliah Mahasiswa Keagamaan Terdampak Corona)

Data yang dicocokkan yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) orang tua yang terkena dampak pandemi corona. "Kenapa kami padankan? Asumsinya, ketika nanti diberikan bantuan uang masuk atau uang pangkal sekolah, maka mereka yang layak (mendapatkan bantuan),” kata Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) DKI Jakarta Catur Laswanto, Senin (20/7).

Sejauh ini, ada 358.664 siswa yang mendaftar PPDB 2020. Sebanyak 232.653 di antaranya masuk sekolah negeri. Sisanya, 126.011 tidak diterima.

Setelah memadankan data PPDB dan bansos, ada 85.508 siswa yang berpeluang mendapatkan bantuan. “Data ini tidak termasuk mereka yang langsung daftar ke sekolah swasta," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement