Zona Merah Corona Bertambah Jadi 53 Wilayah, Berikut Daftarnya

Jumlah zona merah bertambah dari 35 pada 19 Juli menjadi 53 wilayah saat ini.
Image title
Oleh Rizky Alika
27 Juli 2020, 17:15
Zona Merah corona Bertambah Jadi 53 Kota, Berikut Daftarnya
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/aww.
Ilustrasi, petugas medis melakukan rapid test petugas penyelenggara pemilu di RSUD Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (8/7/2020).

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 merilis peta risiko penularan virus corona terbaru. Mereka mencatat, jumlah zona merah penyebaran virus meningkat dari 35 pada 19 Juli menjadi 53 lokasi per kemarin (26/7).

Jumlah zona oranye juga bertambah dari 169 menjadi 185 lokasi. "Ini bukan kabar menggembirakan. Ini menjadi perhatian kita bersama," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers virtual, Senin (27/7).

Zona merah merupakan wilayah dengan risiko penyebaran virus corona yang tinggi. Sedangkan oranye, daerah yang risiko terpapar coronanya sedang.

Lalu, zona hijau merupakan wilayah tanpa kasus positif corona. Kemudian, zona kuning yang berarti penyebaran virus di daerah tersebut rendah.

Gugus Tugas pun mencatat, ada 14 lokasi yang masuk kategori zona merah dalam tiga minggu berturut-turut. Beberapa di antaranya Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Semarang, Gresik, Surabaya, Mataram, dan Jayapura.

Indikator yang digunakan dalam menentukan zona yakni penurunan jumlah kasus positif, angka pasien, orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal, serta pasien sembuh.

Selain itu, mereka menghitung jumlah pemeriksaan sampel diagnosis dan pelayanan kesehatan. Layanan yang dimaksud seperti jumlah tempat tidur di ruang isolasi.

Berikut daftar lokasi zona merah corona terbaru berdasarkan data Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19:

Sumatera Utara: Kota Tebing Tinggi, Serdang Bedagai, Kabupaten Deli Serdang, Karo, dan Kota Medan.

Sumatera Selatan: Kota Palembang

Sulawesi Utara: Kota Tomohon, Kota Manado, dan Kota Bitung.

Sulawesi Tenggara: Buton.

Papua: Kota Jayapura

Sulawesi Selatan: Kota Palopo

Nusa Tenggara Barat: Kota Mataram dan Sumbawa.

Kalimantan Timur: Kota Balikpapan.

Kalimantan Tengah: Barito Timur, Murung Raya, Barito Selatan, dan Kota Palangkaraya.

Kalimantan Selatan: Kota Banjarbaru, Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Utara, Tabalong, dan Kota Banjarmasin.

Jawa Timur: Jombang, Gresik, Kota Malang, Kota Batu, Kota Mojokerto, Mojokerto, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, dan Sidoarjo. 
Jawa Tengah: Kota Surakarta, Kota Semarang, Kudus, Grobogan, Kendal, Rembang, Demak, dan Jepara.

Gorontalo: Kota Gorontalo, Bone Belango, dan Boalemo.

DKI Jakarta: Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.

Bali: Kota Denpasar.

 

Reporter: Rizky Alika

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait