Jokowi Ingin Pandemi Jadi Momentum Percepat Transformasi Digital

Dimas Jarot Bayu
3 Agustus 2020, 13:03
Jokowi Ingin Pandemi Jadi Momentum Percepat Transformasi Digital
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool/nz
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat acara penyaluran dana bergulir untuk koperasi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai pandemi corona harus menjadi momentum bagi Indonesia untuk mempercepat transformasi digital. Sebab, cara kerja di berbagai sektor kehidupan mulai berubah selama masa pagebluk ini.

"Cara beraktivitas, mengonsumsi, belajar, bertransaksi yang sebelumnya offline, dengan kontak fisik menjadi lebih banyak ke online dan digital," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/8).

Perubahan digital itu harus segera diantisipasi dan disiapkan secara matang. Apalagi, daya saing digital Indonesia lebih rendah dibandingkan negara tetangga.

Berdasarkan data IMD World Digital Competitiveness pada 2019, Indonesia berada di peringkat 56 dari 63 negara. Posisi Indonesia lebih rendah dibandingkan beberapa negara tetangga, seperti Thailand di posisi 40 dan Malaysia 25.

Bahkan, Singapura berada di posisi dua. "Oleh karena itu, perlu menjadi perhatian kita bersama," kata Jokowi.

Ia lantas meminta adanya percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital di seluruh Indonesia. Ini dilakukan dengan mempercepat penyediaan layanan internet di 12.500 desa atau kelurahan, serta berbagai titik layanan publik.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...