Jokowi Minta Kader Gerindra Bantu Negara Minimalkan Dampak Corona

Desy Setyowati
8 Agustus 2020, 15:12
Jokowi Minta Kader Gerindra Bantu Negara Minimalkan Dampak Corona
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool/nz
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat acara penyaluran dana bergulir untuk koperasi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kader Partai Gerindra membantu negara meminimalkan dampak pandemi corona. Ia juga mengajak seluruh kader yang menjadi legislator maupun kepala daerah untuk memprioritaskan pengendalian penyebaran virus corona.

"Saya mengajak seluruh kader Partai Gerindra untuk tetap menempatkan kesehatan dan keselamatan rakyat menjadi prioritas. Penyebaran Covid-19 harus mampu kita kendalikan," ujar Jokowi saat memberikan sambutan dalam Kongres Luar Biasa Partai Gerindra secara virtual, Sabtu (8/8).

Advertisement

Ia pun mengingatkan pentingnya mencegah gelombang kedua pandemi corona. Sebab, hal ini akan memperlambat pemulihan ekonomi.

Selain itu, ia meminta masyarakat untuk membeli produk dalam negeri, terutama buatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan begitu, Indonesia diharapkan tidak masuk jurang resesi pada kuartal III ini.

Data terkait pertumbuhan ekonomi bisa dilihat pada Databoks di bawah ini:

“Pada kuartal II, ekonomi terkontraksi tajam yaitu minus 5,32%. Tapi, kita tidak boleh menyerah dan harus mengupayakan bangkit pada kuartal III, sehingga tak jatuh ke jurang resesi," kata Jokowi.

Jokowi menekankan bahwa tidak ada satupun negara yang siap menghadapi krisis seperti ini. "Bapak Prabowo dan seluruh kader yang saya banggakan, kita harus menyadari bahwa kemampuan bertahan dan keluar dari krisis pangan sangat tergantung pada perjuangan kita sendiri," ujarnya.

Indonesia di ambang resesi
Indonesia di ambang resesi (Katadata)

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement