Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang V Dibuka Sabtu

Rizky Alika
13 Agustus 2020, 06:20
Pendaftarkan Kartu Prakerja Gelombang V Dibuka Sabtu
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Ilustrasi, warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020).

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang IV telah ditutup kemarin. Manajemen pelaksana pun siap membuka pendaftaran gelombang V pada Sabtu (15/4), mulai Pukul 12.00 WIB.

“Mereka yang belum menjadi penerima Kartu Prakerja dapat mendaftar pada Gelombang V," kata Head of Communications Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu dalam keterangan yang diterima Katadata.co.id, Rabu (12/8).

Advertisement

Ia menyebutkan, lebih dari 1,2 juta orang dari seluruh provinsi mendaftar pada gelombang IV. Angka ini termasuk para pekerja yang terkena dampak pandemi corona, yang datanya telah terverifikasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan BPJS Ketenagakerjaan.

Akan tetapi, kuota penerima kartu prakerja gelombang IV hanya 800 ribu orang. Pada Minggu (16/8) besok, manajemen pelaksana akan mengirimkan SMS pemberitahuan kepada mereka yang lolos.

Sebelumnya, Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Mohammad Rudy Salahuddin mengatakan, manajemen pelaksana telah menetapkan kuota 800 ribu akan berlaku hingga gelombang terakhir. Dengan begitu, program kartu prakerja dapat mencapai target peserta 5,6 juta peserta pada Oktober nanti.

"Kami berharap pada akhir Oktober ini, kalau semua lancar, kemungkinan target 5,6 juta peserta tercapai," ujar dia.

Dari kuota yang disediakan pada pendaftaran gelombang IV, sebanyak 640 ribu atau 80% di antaranya diberikan kepada pekerja yang terkena dampak pandemi Covid-19. Hal ini mengacu pada data Kemenaker dan BPJS Ketenagakerjaan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement