Tiongkok dan AS Akan Bahas Kesepakatan Dagang Fase I, Kaji TikTok

Cindy Mutia Annur
13 Agustus 2020, 10:27
Tiongkok dan AS Akan Bahas Kesepakatan Dagang Fase I, Kaji TikTok
ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/File Foto
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, penasehat keamanan nasional AS John Bolton dan Presiden China Xi Jinping menghadiri jamuan makan malam setelah ktt pemimpin negara G20 di Buenos Aires, Argentina, Sabtu (1/12/2019).

Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) bakal membahas implementasi kesepakatan perdagangan fase pertama dalam beberapa hari ke depan. Salah satu topik yang akan dibahas yakni WeChat dan TikTok.

Laporan itu muncul sehari setelah penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan bahwa kesepakatan dagang antara AS dan Tiongkok dalam kondisi baik. Hal ini meski ada ketegangan di antara kedua negara terkait Hong Kong, penanganan virus corona, keamanan data, dan tarif perdagangan.

Advertisement

“Pertemuan virtual kemungkinan akan berlangsung secepatnya minggu ini, meskipun tanggalnya belum final,” kata sumber Bloomberg yang mengetahui persiapan pembahasan, dikutip Kamis (13/8).

Dalam kesepakatan dagang tahap pertama, Tiongkok berkomitmen meningkatkan impor produk AS sedikitnya US$ 200 miliar di atas level 2017. Selain itu, menambah pembelian produk pertanian US$ 32 miliar, manufaktur US$ 78 miliar, energi US$ 52 miliar, dan jasa US$ 38 miliar.

Beijing juga sepakat untuk bertindak lebih tegas terhadap pemalsuan dan memudahkan perusahaan untuk menempuh tindakan hukum atas pencurian rahasia dagang. Sedangkan AS akan mempertahankan tarif hingga 25% untuk produk Tiongkok yang diperkirakan bernilai US$ 360 miliar.

Pada pembahasan kesepakatan dagang terbaru nanti, kedua negara dikabarkan akan membahas WeChat dan TikTok. “Para pejabat Tiongkok bermaksud mengemukakan kemungkinan larangan Presiden AS Donald Trump atas transaksi kedua aplikasi dengan alasan keamanan nasional,” kata sumber.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement