Jokowi Tegaskan Tak Main-main Berantas Korupsi

Dimas Jarot Bayu
14 Agustus 2020, 11:20
jokowi, Pilkada 2020, korupsi, sidang tahunan mpr 2020
Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo mengenakan busana Sabu asal NTT dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (ketiga kanan) didampingi Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua kiri) dan Ketua DPR Puan Maharani (kiri) melambaikan tangan saat tiba di lokasi sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa pemerintah tak pernah main-main dalam upaya memberantas korupsi. Ia menegaskan, pemberantasan korupsi harus diutamakan.

Sebab, ekosistem nasional yang produktif dan inovatif tak akan tumbuh tanpa adanya aspek hukum, politik, kebudayaan, dan pendidikan yang kondusif. "Fleksibilitas yang tinggi dan birokrasi yang sederhana tidak bisa ditukar dengan kepastian hukum, antikorupsi, dan demokrasi," kata Jokowi saat menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8).

Oleh karena itu, ia menilai perlunya meningkatkan upaya pencegahan korupsi melalui tata kelola yang sederhana, transparan, dan efisien. Hukum juga harus ditegakkan tanpa pandang bulu.

Seluruh kebijakan yang ada pun harus mengedepankan aspek ramah lingkungan dan perlindungan hak asasi manusia (HAM). "Kecepatan dan ketepatan tidak bisa ditukar dengan kecerobohan dan kesewenang-wenangan," kata Jokowi.

Penegakkan nilai-nilai demokrasi juga tidak bisa ditawar. Demokrasi harus tetap berjalan dengan baik tanpa mengganggu kecepatan kerja, kepastian hukum, serta budaya adiluhung bangsa Indonesia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...